Monday, February 13, 2017

Serunya Berwisata ke Dufan


Bianglala, Dufan


Seumur-umur baru kali ini saya jalan-jalan ke obyek wisata saat hari lebaran. Kebetulan setelah bersilaturahmi dengan sanak saudara, ada waktu kosong di saat libur lebaran. Saya mengajak anak-anak berwisata ke lokasi yang tidak terlalu jauh di Ibukota Jakarta, sambil memanfaatkan waktu liburan sekolah. Dunia Fantasi yang terletak di bagian utara Jakarta menjadi pilihan kami.

Setelah memasuki pintu gerbang utama dan membayar tiket masuk,  di areal ancol kami mengantre cukup lama, butuh waktu sekitar setengah jam untuk mencapai lokasi parkir. Saya melihat banyak wisatawan dari luar kota berplat nomor kendaraan asal kota Bogor dan Cirebon. Mayoritas pengunjung berwisata ke pantai dan berenang bersama keluarganya.

Akhirnya sampai juga di Dufan. Saat mengecek harga di website resmi ancol, ternyata harga tiket di hari lebaran sudah berbeda, dibanding harga saat bulan puasa. Ada kenaikan harga rupanya, hehe...biasa deh dimana-mana berlaku trik penjual memanfaatkan momen lebaran, kesempatan setahun sekali. Untung saya sudah menyiapkan uang pas, soalnya bayar pake kartu kudu yang keluaran Master Card, gak bisa pake kartu keluaran Visa. Saya baru tahu pas mau bayar di loket tiket, sayangnya gak ada info soal pembayaran hanya bisa dengan jenis kartu tertentu di websitenya.

Antrean di beberapa wahana permainan di pagi hari itu cukup ramai meskipun tidak sampai memakan waktu berjam-jam. Kami memilih mengantre di permainan yang relatif lengang supaya tidak terlalu lama antre berdiri, cape boo...

Istana Boneka merupakan tempat favorit buat anak-anak, sambil bersantai berkeliling melihat miniatur boneka dari berbagai daerah dengan perahu, di dalam ruangan ber-AC. Mengantre wahana Istana Boneka memakan waktu sekitar 20 menit, untung saja antreannya tak terlalu panjang.


Istana Boneka, Dufan

Antrean di Istana Boneka


Sudah cukup lama saya tidak berkunjung ke Dufan, rasanya sudah lebih dari lima tahun, wah ternyata terjadi banyak perubahan yaa. Kedai makanan ringan kini banyak tersebar di berbagai sudut kawasan Dufan. Gampang deh nyari makanan kalo lagi laper. Termasuk aneka resto berjaringan yang bermunculan di sekitar wahana permainan. Serasa masuk ke dalam mal saja. Berbagai sudut menarik untuk berfoto juga mudah ditemukan di areal Dufan.


Suasana Dufan saat Lebaran


Rumah Kaca dan Rumah Miring tetap menjadi obyek favorit, meskipun ketika memasuki Rumah Kaca agak membuat kepala saya pusing-pusing ( I feel dizzy)...soalnya melihat ke kanan, ke kiri, ke depan dan ke belakang semuanya kaca, seakan kita bercermin. Kemanapun melihat sekeliling ada wajah kita. Di wahana “Rumah Miring”, anak-anak kudu berhati-hati saat berjalan, karena lantainya didesain miring, bisa terpleset bila berlarian.

Wahana permainan “Baku Toki” mengasah keterampilan mengemudi dengan mobil mini menjadi favorit anak-anak, saya sampai tiga kali mengantre. Rata-rata sekali mengantre hanya memakan waktu sekitar 10 menit.


Wahana Baku Toki


Tak lupa kami naik wahana “Pontang-Panting” yang digemari pengunjung, agak capek mengantre karena membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Dalam wahana ini, bersiap dag dig dug yaa, sambil  duduk manis  kita diputar kencang selama 10 menit...wow cukup mendebarkan dan  meningkatkan adrenalin saya.


Wahana Pontang-Panting


Ada pula wahana “Ombang-Ombang”, yang berbentuk menyerupai piringan berkerucut, dimana wisatawan duduk di pinggir piringan lalu diputar-putar ke depan dan ke belakang sekitar 90 derajat.


Wahana Ombang-Ombang


Nah wahana baru Hello Kitty cocok sebagai arena berfoto bersama anak-anak , terdapat beberapa miniatur boneka Hello Kitty, ikon boneka kucing yang amat terkenal asal Jepang. Selfie cocok banget nih dilakukan di wahana Hello Kitty.


Wahana Bianglala cocok bagi yang ingin menikmati pemandangan dari ketinggian. Wahana ini patut dicoba saat udara sedang tak terlalu panas, sayang untuk dilewatkan. Ada pula obyek permainan baru yang diantre cukup panjang seperti panic house dan ice age. Satu lagi yang tak boleh terlewatkan, coba Komedi Putar “Turangga Rangga”, wahana klasik menunggang kuda. Its best friend forever, yuhuu :)


Wahana Komedi Putar


Selamat berlibur bersama keluarga :)


Sampai jumpa

15 comments:

  1. Replies
    1. Yup mumpung akhir pekan bisa langsung cap cus nih

      Delete
  2. Seumur-umur aku malah belum pernah ke Dufan, mba. Perjalanan kesana itu loh. Apalagi kebayang harus antri. Tapi kayaknya anak seru dan menikmati ya permainanya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending berangkat pagi-pagi, bisa jalan-jalan ke pantai dulu sebelum ke Dufan, anaknya pasti seneng lho hehe

      Delete
  3. Jadi kangen Dufan... Rasanya udah lamaaaa banget gak main kesini. Ada kali 10 tahunan :D

    ReplyDelete
  4. Jadi kangen Dufan... Rasanya udah lamaaaa banget gak main kesini. Ada kali 10 tahunan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dufan emang nganggenin buat jalan rame-rame hehe..

      Delete
  5. Waaah jadi kepengin ke Dufan lagi. Terakhir kali pas SD XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Dufan pas hari biasa sepertinya bisa dicoba, antrean gak terlalu panjang

      Delete
  6. aku udah lama banget gak ke dufan, terakhir waktu masih gadis hihi, soalnya gak kuat sama panasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kapan-kapan ajak anaknya, bakal seneng pastinya :)

      Delete
  7. Jadi pengen bawa Nay n Ayyan ke sini..tp banyakan antri ya wahananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok buat anak-anak mba, kalo dateng pas hari kerja relatif sepi. Di akhir pekan biasanya lebih ramai, panjang pendeknya antrean tergantung jenis wahananya

      Delete
  8. aku belum pernah sekalipun ke Dufan. ajaklah daku nikmati keseruan dufan dong :(

    salam kenal mba
    hanif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas, ajak teman-teman se-RT pasti seru

      Delete