Friday, March 30, 2018

Menu Laksa Ayam So Good



Menu Piring Gizi Seimbang Laksa Ayam So Good
Ayam adalah salah satu masakan kegemaran keluargaku. Tapi yang menjadi tantangan sehari-hari adalah bagaimana menyajikan menu sepiring makanan sehat dan bergizi seimbang, dalam waktu yang relatif singkat. Bagaimana menyajikan menu piring gizi seimbang? Patokanku, komposisi makanan mengandung porsi 15% protein misal protein berbahan dasar produk So Good, 15% buah, 35 % sayur mayur, serta 35% bahan pangan sumber karbohidrat. Seringkali aku harus menyiapkan menu masakan dalam waktu yang relatif singkat misal untuk menu sehari-hari, acara keluarga, atau menjamu kerabat yang mendadak datang dari luar kota. Bagaimana memasak menu piring gizi seimbang dalam waktu singkat? rahasiaku terletak pada stok ayam So Good. Stok ayam potong So Good sangat membantu waktu persiapan dan mempercepat waktu memasak. Ayam pilihan So Good yang sudah dipotong-potong mempermudah menyiapkan aneka masakan.

menu laksa ayam so good
Menu Laksa Ayam So Good

Kebiasaan memiliki stok bumbu dapur, sayuran dan buah-buah juga membantu proses memasak. Aku biasa membeli stok buah dan sayur di pasar tradisional setiap minggu, harganya relatif terjangkau dan bisa ditawar pula. Selain menu ayam sebagai sumber protein, nasi putih sebagai sumber karbohidrat, biasanya aku menyiapkan sayur dedaunan hijau seperti timun dan selada. Serta menyiapkan buah-buahan sebagai sumber nutrisi dan vitamin, seperti apel, pisang atau pepaya. Pada menu piring gizi seimbang kali ini, aku memasak menu Laksa Ayam.

sumber: www.sogood.id


Ayam merupakan sumber protein yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak maupun orang dewasa. Menu Laksa Ayam dilengkapi timun yang kaya dengan aneka vitamin. Selain terasa segar saat dikunyah, timun memiliki khasiat bagi kesehatan kulit dan memperlancar proses pencernaan. Tak lupa nasi putih sebagai sumber tenaga atau sumber karbohidrat. Dilengkapi buah apel yang relatif mudah diperoleh dan gampang dikonsumsi, bisa dipotong-potong sesuai selera atau langsung digigit.

sumber: www.sogood.id


Buat aku, menu piring gizi seimbang sangat penting karena apa yang dikonsumsi sehari-hari di dalam tubuh akan menentukan kondisi fisik tubuh kita dalam jangka panjang.

Cara Praktis Menyiapkan Laksa Ayam
Resep memasak Laksa Ayam untuk menu piring gizi seimbang ini terdiri dari 450 gram ayam potong So Good, dan bisa dikonsumsi untuk 5-6 orang. Untuk melengkapi menu piring gizi seimbang, aku menyiapkan 250 gram timun atau sekitar 3 buah timun, menanak 2 liter beras dan buah Apel sebanyak 1 kg. Dengan dana sekitar 100 ribu rupiah untuk membeli bahan baku menu piring gizi seimbang Laksa Ayam, bisa untuk makan kenyang bagi sekeluarga. Menurutku relatif hemat masak sendiri sesuai selera hehehe. Menu Laksa Ayam, adalah salah satu menu favorit keluargaku. Resep yang aku pakai sudah dimodifikasi dari berbagai resep yang pernah aku uji coba, agar rasanya pas dan tak terlalu pedas sehingga enak dinikmati bagi semua anggota keluarga. Menikmati Laksa Ayam paling pas ketika tersaji dalam keadaan hangat, terasa nikmat sekali...hmm jadi tambah lapar yaa.

menu laksa ayam so good
Menu Laksa Ayam So Good

Bahan baku:
Ayam  potong So Good 450 gram, santan 2 liter. Bumbu halus yang terdiri dari 16 butir bawang merah, 8 siung bawang putih, 5 cabai merah, 4 cm kunyit, 6 butir kemiri, gula pasir dan garam secukupnya. Minyak goreng untuk menumis

Cara memasak:
Setelah bumbu halus siap, tumis bersama daun salam & serai, hingga harum. Masukkan ayam potong dan santan, aduk merata. Masak hingga matang, lalu Laksa Ayam siap disajikan.

menu laksa ayam so good
Menikmati Menu Laksa Ayam So Good
Menu Laksa Ayam disukai anak-anak maupun orang dewasa. Sepintas tampilan dan penyajiannya mirip menu soto ayam atau ayam gulai. Tapi dengan bumbu yang lebih beragam, cita rasa Laksa Ayam terasa lebih gurih & waaktu memasak relatif cepat sekitar 45 menit. Menu ini juga cocok buat makan siang maupun bekal sekolah. Jadi jangan lupa siapkan selalu produk ayam potong So Good di kulkas rumah, untuk menyiapkan menu piring gizi seimbang ya.

ayam potong so good
Ayam Potong So Good

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog, kompetisi kreasi #BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang,  kompetisi sajian menu piring gizi seimbang dengan produk SO GOOD. Saya tunggu cerita teman-teman saat memasak menu berbahan ayam, silahkan berbagi di kolom komentar. Nanti saya akan berkunjung balik ke blognya. Terima Kasih.

Cheers 

28 comments:

  1. Nyontek ah resepnya. AKu blm pernah masak laksa ayam, jadi perlu dicoba untuk variasi olahan ayam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mba, buat variasi bisa ditambahkan bihun

      Delete
  2. wah laksa memang enak ya, pakai so good , tambah mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mba, bumbunya berasa apalagi kalau doyan pedas bisa ditambah cabai uleg

      Delete
  3. Wah aku juga sering masak ini mba..tapi aq bilangnya gulai ayam. Lebih praktis ya kalau pakai ayam so good. Bisa distok juga di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resep gulai sama laksa memang mirip, yang penting selalu punya stok ayam potong di rumah

      Delete
  4. menu laksa ayam so good, mantap juga nich racikannya mba

    ReplyDelete
  5. Ayam memang sumber protein yang banyak disuka ya, dimasak apa saja bisa. Terima kasih sharing ilmunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayam relatif mudah didapat, dan bisa dimasak dengan berbagai resep pula

      Delete
  6. mau coba ah menu laksa belum pernah ni biasanya klo ayam yandigoreng, opor paling serinh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayam goreng paling simpel bumbunya, bumbu opor sama laksa agak mirip. Cobain sesekali pasti suka

      Delete
  7. Hmm.. Kayaknya enak nih. Terimakasih ya sudah berbagi resep๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mba, ditaburin bawang goreng lebih nikmat

      Delete
  8. aku seneng deh kalo ada lomba yg berhubungan ama resep masakan gini.. bukannya aku bakal ikutan, tapi krn jd banyak resep2 yang gampang dan cepet utk nanti aku pake jd acuan menu makan seminggu :). ini laksa ayamnya kliatan gampang... jd inget laksa Johor yang kayaknya mirip2 gini resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, gampang kok resepnya. Makanan melayu memang mirip2 yah

      Delete
  9. So Good Lebih Baik memang sesuai dengan kualitas, kemasan dan logo barunya ya mbak :) Membantu banget para mama kayak kita. Bikin sarapan, makan siang dan malam jadi lebih praktis, sehat dan bergizi deh. Halal dari MUI jadi ga ragu mamam So Good.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, gak boleh lupa punya stok ayam di rumah jadi gampang kalau mau masak

      Delete
  10. Simpel dan sederhana buatnya ya Mbak.. buat aku ayam ini emang menu sehari-hari.. Jadi kapan-kapan aku pengen nyoba resep dari Mbak ini..

    Thanks for sharing yaa.. ��

    ReplyDelete
  11. aih asik makan laksa ayam. Mpo suka bnaget makan laksa. ketimun sebagai lalapan ya. mantap dah ini menu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mpo, laksa ayam kan pakai santan masaknya pas banget diimbangin sama ketimun

      Delete
  12. ringkas banget caranya bikin. simpel. bahannya mirip sama kalo mo bikin ayam bumbu kuning tapi ini lebih praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumbu memang mirip, penyajiannya agak berbeda dikit

      Delete
  13. Aku belum pernah mbak nyoba masakan yang namanya laksa hehee

    ReplyDelete
  14. Pas libur kerja auk bakalan praktekkan deh. SO Good tuh emang andalan banget ya mbaa

    ReplyDelete
  15. Boleh nih buat stok.. akhir2 ini aku memang tergila2 dengan ayam.

    ReplyDelete