Wednesday, March 28, 2018

Cara Ampuh Atasi Diare



Serba-Serbi Diare
Kamu pernah sakit perut gak? Perut terasa sakit, mules dan rasanya pengen bolak balik buang air besar. Rasanya hampir setiap orang pernah  mengalami hal serupa ya. Apalagi kalau bukan kena diare alias mencret. Saya pernah mengalami diare beberapa kali, biasanya karena makan terlalu banyak sambal atau cabai rawit. Atau kadang secara gak sadar saya mengonsumsi makanan yang tercemar kuman, seperti jajanan pinggir jalan yang ternyata dihinggapi lalat.

sumber: Shutterstock

Diare adalah kondisi ketika frekuensi buang air besar terjadi lebih sering dan bentuknya relatif kurang padat, umumnya lebih dari dua kali dalam sehari. Bila diare tak diatasi secara benar & tepat dikhawatirkan dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Diare dapat terjadi pada semua orang dari berbagai usia, baik anak-anak, remaja, orang dewasa maupun lansia. 

sumber: Shutterstock

Cara Pengobatan Diare yang Benar
Ketika saya terkena diare, biasanya saya selalu memperbanyak minum air putih yang ditambah satu sendok gula dan garam, supaya tenaga dapat segera pulih. Kalau diare terjadi sebanyak 1-2 kali dalam sehari mungkin gak terlalu terasa, tapi kalau diare terjadi  lebih dari 3 kali dalam sehari badan umumnya terasa sangat lemas. Makanya, atasi diare dengan tepat & benar.  Selama ini saya selalu mengobati diare mengikuti resep keluarga turun temurun dengan mengombinasikan mengonsumsi obat diare serta minum  air  putih maupun teh pahit. Alhamdulillah, selama ini cara kombinasi tersebut berhasil mengatasi diare yang saya alami tak lebih dari sehari semalam. Soalnya kalau diare terjadi berkepanjangan, terjadi dehidrasi parah atau kekurangan cairan tubuh hingga berhari-hari bahaya lho, tubuh bisa demam, menggigil dan pada beberapa kasus bisa berakhir dengan kematian.

Atasi Diare dengan Tepat & Benar

Oleh karena itu, atasi diare dengan tepat & benar, salah satunya dengan mengonsumsi obat diare yang banyak diperjualbelikan di apotek. Salah satu obat diare yang sering dikonsumsi adalah obat Entrostop produksi PT Kalbe Farma yang mengandung Attapulgite dan Pectin. Pada kemasan obat Entrostop,  juga tercantum dosis penggunaan obat baik bagi anak-anak maupun bagi orang dewasa. Sesuai ketentuan, penggunaan maksimal bagi anak usia 6 hingga 12 tahun maksimum 6 tablet dalam 24 Jam. Sedangkan, bagi anak dengan usia diatas 12 tahun dan orang dewasa maksimum 12 tablet dalam 24 jam. Kalau saya biasanya minum obat diare 1-2 tablet setiap kali mencret. Konsumsi obat dapat dihentikan saat diare sudah sembuh atau sudah gak mencret lagi. 

Atasi Diare dengan Tepat & Benar
Selain itu, saya selalu mengonsumsi teh hangat tanpa gula alias teh pahit saat diare  terjadi. Konon menurut resep orang tua zaman dulu, teh pahit ampuh untuk menghentikan diare  yang berkepanjangan. Upayakan juga makan makanan yang lembut dan hindari makanan pedas maupun asam, termasuk hindari minuman dingin pasca diare. Ya tujuannya supaya kondisi perut dan organ pencernaan kembali normal alias tenang. Kalau perut berontak terus, wah bisa bikin runyam aktivitas sehari-hari. #SeputarDiare  #AgenKeluargaSehatIndonesia #ibuberAKSI

 


Lalu, bagaimana cerita teman-teman dalam mengatasi diare? Silahkan berkomentar, nanti saya akan berkunjung balik ke blognya. Terima kasih

Cheers 

14 comments:

  1. tahun kemarin aku sempat kena diare. lemes banget rasanya. waktu itu dibeliin obat sama ibu tapi nggak tahu namanya. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, kalau kena diare parah bikin badan lemes kayak gak punya tenaga

      Delete
  2. Entrostop andalan banget buatku mba sejak kecil entah kenapa dulu suka banget diare hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau baca di buku-buku kesehatan, anak-anak memang lebih rentan terkena gangguan pencernaan termasuk diare

      Delete
  3. Pokonya entrostop jagonya stop diare, iya gak Mbak ?

    ReplyDelete
  4. ini obat selalu ada di stok obatku.. aku sendiri jarang kena diare, krn kyknya perutku udah kebal saking srgnya makan pedes :D.. tapi suami lbh sensitif.. makanya aku wajib nyetok obat2 yg berhubugan ama sakit perut.. kalo kita traveling, trutama ke negara2 yg banyak jajanan ga jelas, kita juga selalu bawa entrostop. kali aja kan ada mkanana yg ga cocok di perut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat diare emang wajib ada dalam stok obat sehari-hari maupun stok pas traveling ya

      Delete
  5. Diare emang paling nggak enak , makanya harus siap sedia entrostop 😁

    www.diahestika.com

    ReplyDelete
  6. aku memang suak diare tp gak selalu diobati krn bisa krn cuaca atau stres, kalau krn infeksi baru aku obati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, cara mengatasi diare memang berbeda-beda tergantung kebiasaan ya

      Delete
  7. Kota mesti menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari penyakit seperti diare ini ya. Jaga makanan juga biar ga kena bakteri E-Coli. Untung ada Entrostop dipercaya sejak lama mengatasi diare 😊

    ReplyDelete
  8. Entrostop memang andalan aku juga mba. Soalnya pernah diare dan nggak enakk banget

    ReplyDelete