Thursday, February 16, 2023

Pengalaman Trekking Ke Curug Leuwi Hejo

Halo teman-teman, aku mau berbagi pengalaman saat berwisata trekking ke Curug Leuwi Hejo awal Februari lalu. Curug Leuwi Hejo terletak di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Aku trekking bersama dengan teman-teman, menggunakan jasa pemandu wisata trekking. Kami harus berkumpul di titik temu di sekitar pusat kota sentul sekitar pukul 6.30 WIB, sebelum bersama-sama menuju titik awal perjalanan wisata trekking. Dari titik kumpul menuju titik awal trekking membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit dengan kendaraan bermotor. Kami melalui jalan raya Babakan, jalannya relatif pas untuk dilalui dua kendaraan, dengan kontur jalan yang lurus berkelok-kelok.
Menurutku, mengapa sebaiknya kita berkumpul sepagi mungkin? Ya supaya perjalanan trekking bisa dimulai sejak pagi hari, saat cuaca cerah dan sinar matahari belum terlalu terik. Sebelum perjalanan trekking ini dimulai, aku selalu berdoa agar pada hari pelaksanaan trekking cuaca cerah dan tidak hujan. Alhamdulillah doa-doa pun terkabul, cuaca cerah terik sangat mendukung perjalanan wisata trekking. Trekking saat cuaca hujan tidak disarankan, jalur yang dilalui bisa sangat licin dan berbahaya. Apa sebenarnya arti trekking? Trekking adalah berjalan kaki dengan rute yang relatif panjang. Tentunya, sebelum trekking membutuhkan persiapan, kami disarankan rutin berolahraga, lari atau berjalan kaki untuk melatih stamina. Perjalanan trekking kali ini cukup melelahkan, karena jalur yang dilalui tak selalu datar melewati sawah. Ada sebagian jalur yang naik turun, cukup curam dan terjal. Kami juga harus melalui beberapa sungai atau curug untuk melintasi rute. Buat aku, lebih aman dan nyaman menggunakan sepatu olahraga saat trekking. Di paket wisata trekking yang kami pilih, ada 5 curug tujuan. Paket trekking dapat disesuaikan dengan kebutuhan apakah cukup 2 curug atau 3 curug tujuan, yang penting kita bisa menikmati perjalanan sekaligus berolahraga. Wisata trekking ibarat naik turun gunung, butuh energi, stamina dan cara mengatur pernafasan yang baik.
Bagi diriku, wisata trekking semacam ini sungguh menyenangkan. Kita bisa jalan-jalan sekaligus menikmati pemandangan alam yang masih asri. Seru, kita bisa puas foto-foto dengan latar pemandangan alam atau berfoto di curug alias air terjun. Di jalur trekking, kita akan menemukan warung-warung yang dimiliki warga setempat, untuk beristirahat sejenak. Umumnya warung milik warga menyediakan menu gorengan, teh dan kopi. Bagi yang ingin main air atau berenang di curug, tetap harus berhati-hati. Tak lupa membawa pakaian ganti ya. Saat trekking, aku menggunakan topi, membawa air minum dan bekal cokelat secukupnya. Perjalanan wisata trekking juga bisa dilakukan bersama keluarga dan anak-anak, jalur trekking bisa dipilih sesuai keinginan kita. Rasanya gak sabar menanti perjalanan wisata trekking selanjutnya, sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment