Monday, February 13, 2017

Itinerary Wisata ke Yogyakarta



Catatan Perjalanan 3 hari 2 Malam di Yogyakarta


Candi Borobudur


Hai semua, kali ini saya mau sharing soal catatan perjalanan, jadwal perjalanan wisata saat saya berlibur ke Yogya beberapa bulan lalu bersama keluarga.
Sebenarnya ini tulisan yang diikutsertakan dalam salah satu lomba menulis Itinerary, yang kebetulan belum berhasil meraih juara atau memperoleh hadiah.
Yaa daripada mubazir, mending saya bagi-bagi buat semua pembaca blog khan...mungkin tujuan wisata yang saya jalani bersama keluarga terkesan klise, jadul karena obyek wisata yang saya kunjungi merupakan obyek wisata mainstream. Well, setidaknya obyek-obyek wisata tersebut memang tak lekang oleh waktu, selalu ngangenin untuk dikunjungi.
Monggo di copas jadwalnya, dimodifikasi juga boleh.

Pengen lepas dari rutinitas harian? Kebetulan ada libur long weekend, atau mau ambil cuti sehari? Coba deh  pergi pakai pesawat Jumat sore.
Tertarik menjejalahi  kota Gudeg, kota yang asri di tengah hiruk pikuk denyut pariwisata? Ingin mencoba aneka makanan tradisional yang bisa menggoyang lidah, atau menyusuri lorong –lorong jalan kawasan Malioboro. Yang jelas, saat berkunjung ke Yogya wajib mengunjungi Candi Borobodur, bangunan historis yang pernah menjadi ikon keajaiban dunia, dan memang ajaib kok. Sekalian belanja Batik serta aneka kerajinan khas yang terbuat dari bahan-bahan alam disini gudangnya.

Nah, ini ada Itinerary 3 hari 2 malam yang bisa kamu ikutin: Berangkat Jumat sore, Pulang Minggu malam.



Hari Jumat (Sore)
17.00-18.00     Berangkat dari bandara Halim, Jakarta (asumsi perjalanan satu jam tanpa delay)
18.00-19.00     Mendarat di Bandara Adi Sucipto, Yogya. Bisa naik taksi dari bandara atau mobil rental
19.00-20.30     Makan malam dulu
21.00               Tiba di Hotel, Check in lalu istirahat


Tips
  • Lebih enak sewa mobil rental, usahakan sudah dipesan sejak dari Jakarta untuk berjalan-jalan keliling Yogya dsk. Lebih praktis, mengingat Yogya salah satu tujuan favorit wisatawan lokal dan mancanegara.Terkadang bisa kehabisan mobil rental kalau pesan mendadak.
  • Berjalan-jalan di sekitar jalan Malioboro  memakai becak, sehingga bisa menikmati pemandangan dan mengamati aktivitas warga setempat.
  • Mobil  & Motor mulai awal April 2016 dilarang parkir di sepanjang Jl. Malioboro. Lokasi parkir disediakan di tempat-tempat tertentu sekitar Jl. Malioboro. Pastikan kendaraan rental diparkir di lokasi yang terjangkau.
  • Aneka Batik cap maupun Batik tulis tersedia di berbagai toko Batik, pastikan tahu harga pasaran saat menawar di pasar tradisional Beringharjo.  Harga Batik bervariasi mulai 10 ribu rupiah hingga jutaan rupiah.
  • Ragam makanan lokal bervariasi, mulai dari gudeg, sate ayam, sate kambing, tongseng, bakmi goreng, bakmi godog (rebus) dll, cicip sesuai selera.
  • Rekomendasi: coba gudeg atau restoran ayam goreng berlabel Berek  yang tersebar di Jl Laksda Adi Sucipto-jl Raya Solo, sekitar bandara.
  • Di Yogya tersedia beragam jenis penginapan, mulai losmen, wisma, atau hotel berbintang. Harganya pun bervariasi, bisa disesuaikan dengan kocek kita.

Keraton Yogyakarta

Tari Tradisional

Hari Sabtu
6.00-7.00         Sarapan pagi
7.00-9.00         Berjalan-jalan di sekitar penginapan, mengambil foto-foto menarik
9.00-11.00       Berkunjung ke Keraton Yogyakarta, mengeksplorasi lingkungan Keraton
11.00-12.30     Menonton pertunjukkan tari tradisional di pendopo Keraton
13.00-14.00     Makan Siang, rekomendasi Soto Kadipiro di Jl Wates
14.30-17.00     Saatnya berbelanja Batik dan oleh-oleh, mampir pasar Beringharjo dan menelusuri  Malioboro
17.30-19.00     Kembali ke hotel, bersih-bersih & istirahat
19.30-21.00     Makan malam, rekomendasi Bakmi Kadin di Jl Bintaran Kulon
21.30                Pulang ke hotel, istirahat


Bakmi Kadin

 
Soto Ayam Kadipiro

Tips

  • Cuaca di siang hari cukup terik, gunakan pakaian yang sopan dan rapi saat berkunjung ke Keraton. Saran lebih baik memakai sepatu tertutup dan pakaian berbahan kasual yang menyerap keringat.
  • Menonton pertunjukkan tari tradisional di pendopo Keraton, gak boleh terlewatkan. Menikmati karya seni sekaligus menambah rasa cinta terhadap budaya Indonesia. Biaya nonton pertunjukkan tari gratis, sudah termasuk dalam tiket masuk Keraton.
  • Saran, gunakan pemandu wisata yang disediakan pihak Keraton agar lebih memahami budaya Jawa dan sejarah Kesultanan Yogyakarta.
  • Jangan lupa bawa topi, payung, dan pakai tas selempang saat berwisata.  Waspada copet di kawasan Jl. Malioboro
  • Rekomendasi makan siang di Soto Kadipiro, rasa soto ayam yang gurih digemari semua kalangan.
  • Rekomendasi makan malam di Bakmi Kadin, saran coba bakmi goreng yang lezat


Hari Minggu
6.00-7.00         Sarapan pagi
7.00-8.00         Berenang di kolam renang hotel
8.30-9.00         Beberes, Check out hotel
9.00-10.00       Menuju Candi Borobudur
10.00-12.00     Tiba di Candi Borobobur, menjelajahi Candi & berfoto
12.00-13.00     Makan siang, rekomendasi coba restoran di sekitar Muntilan
13.00-15.00     Perjalanan menuju Bandara Adi Sucipto, antisipasi kemacetan
15.00-16.00     Beli oleh-oleh penganan bakpia patuk, wingko dll, di Jl Raya Solo menuju bandara
16.00-17.00     Check in di bandara,
18.00-19.00     Kembali ke Jakarta, penerbangan sekitar 1 jam tanpa delay
19.00-20.00     Tiba di Jakarta

 
Toko Suvenir di Candi Borobudur



Tips

  • Manfaatkan fasilitas yang ada di hotel tempat menginap, berenang membuat badan bugar saat berwisata.
  • Gunakan pemandu wisata yang disediakan pengelola obyek wisata Candi Borobudur. Pemandu akan menjelaskan secara lengkap mengenai sejarah pembangunan Candi.
  • Kenakan sepatu dan kaos yang nyaman, karena perlu menaiki puluhan tangga yang berundak-undak.
  • Jangan memanjat atau duduk di stupa Candi. Di sekitar puncak Candi dijaga beberapa petugas keamanan yang bertugas khusus mengingatkan para pengunjung atas larangan tsb.
  • Pemandangan dari puncak Candi Borobudur sangat indah, kita bisa memandangi Gunung Merapi dan hijaunya sawah-sawah yang ada disekitar Candi.
  • Naik delman setelah selesai berkeliling Candi untuk menuju parkiran, bonusnya mengitari desa -desa setempat dengan pemandangan yang asri. Tarif delman sebesar 75 Ribu Rupiah, diluar uang tips bagi pak kusir.
  • Siapkan waktu dua jam perjalanan, mengantisipasi kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi di jalan raya Ring Road Barat menuju bandara. 

Naik Andong Keliling Desa Candi Borobudur



Asyik kan, berwisata sejenak melepas penat...cukup 3 hari 2 malam saja, kamu bisa pergi dari segala kesibukan rutin. Yaa nyobain makanan lokal, jalan-jalan sekalian belanja, komplit judulnya. Kini, pikiran pun terasa lebih segar.

Please feel free to ask and give comment :)


See u

11 comments:

  1. Mba Muti, aku pengen banget ke Jogjakarta. Tapi sampai sekarang belum sempat juga. Kayaknya oke banget dari Jogjakarta trus ke Solo, mba
    Makasih infonya mba. Bisa jadi pilihan kalau ke Jogja ntar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Yogya sama Solo kan jaraknya relatif dekat, sayang kalo gak sekalian mampir :) next trip lah

      Delete
  2. Wah senangnya jalan2 dg keluarga ke Jogja. Semoga menjadi kenangan yg indah ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kota Yogyakarta memang selalu ngangenin :)

      Delete
  3. udah lama banget ga ke jogja..moga bisa mampir lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu hari bisa mampir lagi ke Yogya, kota yang selalu menarik untuk dikunjungi

      Delete
  4. wah asik nih ada itinerarynya..walaupun mainstream aku tetep pengen kesana juga mak, hehe..soalnya belum sampe ke Candi Borobudurnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, Candi Borobudur punya pesona tersendiri...gak bakal bosen bolak balik ke sana

      Delete
  5. Ada mobil travel yang direkomendasikan nggak, Mbak? Ada rencana (((rencana))) ke Yogya sama anak2. Yang satu pengen ke pantai, yang satu pengen ke candi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang banyak tersedia kok rental mobil, bisa pesan via internet atau minta dicariin via penginapan, untuk harganya bersaing, rata-rata mirip. Saya taunya agen travel Dieng,tapi melayani wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur mba, http://putrawijayatours.co.id/

      Delete
  6. ke jogja memang memberikan kesan yang gk bakal bisa dilupakan deh..

    ReplyDelete