Sunday, September 10, 2017

Pisang Cavendish Sunpride Favoritku



Keistimewaan Pisang Cavendish Sunpride
Pisang merupakan sahabat setia yang menemani hari-hariku beraktivitas. Sejak kecil, almarhum Ibuku mengajariku untuk rajin makan buah terutama pisang di pagi hari. Kenapa ? karena buah pisang mengandung kalori tinggi yang bisa membuat daya tahan tubuh kita kuat menjalankan aktivitas sepanjang hari. Buah pisang bisa membuat orang yang mengonsumsi gak cepat merasa lapar, dan tetap bugar saat sibuk menjalani berbagai kegiatan. Aku mengenal Pisang Cavendish Sunpride pertama kali sekitar 15 tahun lalu di sebuah minimarket. Pertama melihatnya, kesan pertamaku “kok kulit pisangnya kuning cerah & mulus”, gak seperti yang banyak dijajakan penjual buah di pasar. Aku malah mengira “wah pasti ini pisang impor”, tapi tenyata setelah bertanya ke sana kemari, aku baru ngeh kalau Pisang Cavendish Sunpride ini adalah buah pisang asli Indonesia yang dibudidayakan secara spesial.

Pisang Cavendish Sunpride

Sepengetahuanku, Buah pisang memang perlu penanganan khusus saat pengemasan dan pengiriman, bila tidak buah pisangnya bisa cepat benyek dan kulitnya akan segera berwarna kecoklatan. Berdasar pengalamanku makan pisang bertahun-tahun, buah pisang tahan lama sekitar 2-3 hari setelah terpotek dari pangkalnya. Ketika buah pisang sudah terlalu matang, umumnya kulitnya akan berwarna bintik-bintik kecoklatan. Namun, Pisang Cavendish Sunpride memiliki daya tahan relatif lebih lama sekitar 5 hari hingga 7 hari.

Menu Makanan Sehat
Pisang adalah buah yang juga menjadi favorit almarhum Ibuku. Almarhum Ibuku selalu menyediakan stok buah pisang di meja makan setiap hari. Apalagi sewaktu aku sedang hamil beberapa tahun yang lalu, setiap hari wajib tersedia menu buah pisang selain juga stok beberapa jenis buah lainnya. Pengalamanku saat hamil hingga melahirkan dulu, aku rutin mengonsumsi pisang cavendish, sehingga stamina tubuhku terjaga, tak mudah merasa lelah, atau capek. Setelah melahirkanpun, tubuhku terasa lebih cepat fit kembali. Sehari-hari buah pisang membuat tubuhku kuat melakukan seabrek kegiatan. Nah kalau aku memilih Pisang Cavendish  Pisang Pasti Sunpride. Pisang Cavendish Sunpride ini salah satu buah kegemaran keluargaku, alasannya rasanya enak dan manis. Selain itu, Pisang Cavendish Sunpride gak mudah benyek dan lebih awet penyimpanannya.  Saat ini aku rutin membeli stok buah pisang, sebanyak dua kali dalam seminggu. Selain aku dan anak-anak, ayahku juga sangat menyukai pisang Cavendish ini. Pepatah menu 4 sehat 5 sempurna berupaya aku jalankan secara maksimal dalam menu sehari-hari. Caranya? ya dengan menyediakan menu buah pisang yang wajib ada setiap hari, sebagai teman makan. Selain susu, nasi, lauk pauk plus sayur mayur. Aku juga suka menikmati Pisang Cavendish Sunpride sambil minum susu saat membaca buku, atau menikmati “me time”.

Pisang Cavendish Sunpride Favoritku
Pisang Sunpride dijual di minimarket
Buah pisang merupakan jenis buah bukan musiman, artinya pisang selalu tersedia sepanjang tahun, serta mudah didapat dimana-mana. Pilihanku untuk membeli buah pisang yaa Pisang Pasti Sunpride. Pisang adalah buah yang mudah diperoleh dan banyak diproduksi di dalam negeri. Harga Pisang Cavendish Sunpride juga relatif terjangkau, sekitar 24 ribu rupiah hingga 27 ribu rupiah per kilogram. Sedangkan buah Pisang Cavendish Sunpride yang dikemas satuan (single), seharga sekitar 4500 rupiah. Demi menjaga kesehatan tubuh, Pisang Cavendish Sunpride dan air putih menjadi teman setia saat aku sedang bekerja atau mengerjakan tulisan untuk blog. 

Pisang Cavendish Sunpride Favoritku
Aku juga kerap membawa pisang untuk bekal saat bepergian. Selain buat cemilan, pisang juga bisa mengganjal rasa lapar di tengah kemacetan lalu lintas hehehe. Kini, aku juga selalu menyediakan stok buah pisang bagi anak-anak dan keluargaku, karena aku ingin keluargaku selalu sehat, anak-anakku bisa bertumbuh kembang dengan baik, serta tak mudah terkena penyakit.


Serba-Serbi Pisang Cavendish Sunpride
Mau tahu lebih jauh tentang pisang cavendish? Pisang Cavendish adalah buah tropis yang sangat populer di dunia. Pisang Cavendish banyak dikembangbiakkan menggunakan metode kultur jaringan. Keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan adalah, bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit. Penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense. 

Dok Perkebunan (sumber www.sunpride.co.id)
Pisang Cavendish Sunpride ditanam di kebun milik group gunung sewu yang berlokasi di propinsi Lampung. Kulit Pisang Cavendish yang mulus disebabkan perawatan yang maksimal mulai dari pemilihan bibit dan pengemasannya. Pisang Cavendish Sunpride memiliki beberapa jenis yang dijual dipasar yaitu cluster, finger dan single. Cavendish cluster terdiri dari 3-8 potong buah, Cavendish finger terdiri dari 1-2 potong. Sedangkan Cavendish single hanya ada 1 potong buah, dikemas dalam plastik khusus yang berlubang agar bisa menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan jamur. 

Pisang Cavendish Sunpride

Pada dasarnya, buah pisang mengandung nutrisi dan beragam vitamin yang diperlukan tubuh. Buah pisang Cavendish Pisang Pasti Sunpridemengandung kalori dan protein yang tinggi, sehingga menjadi sumber energi bagi tubuh manusia. Buah pisang juga mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, C, E, dan K.


Proses Produksi Pisang Sunpride
Pisang Cavendish Sunpride diproduksi oleh PT Sewu Segar Nusantara. PT Sewu Segar Nusantara berdiri pada tahun 1995 sebagai anggota dari kelompok investasi unggulan Gunung Sewu Kencana (GSK), yang memiliki keahlian luas di berbagai bidang. Bidang usaha PT Sewu Segar Nusantara antara lain makanan, agribisnis, asuransi jiwa, produk konsumen, sumber daya alam, teknologi informasi serta properti. Unit bisnis dari kelompok GSK telah membentuk jaringan distribusi yang luas di seluruh nusantara, serta menjalin hubungan dengan para pemasok dan pengecer. PT Sewu Segar Nusantara berfokus pada distribusi dan pemasaran buah lokal yang bekerjasama dengan Nusantara Tropical Farm (NTF) untuk menghasilkan beberapa buah lokal yang ditanam di daerah Lampung. PT Sewu Segar Nusantara  berproduksi di atas lahan seluas 3500 hektar antara lain  Pisang Cavendish, Nanas Honi, Guava Crystal, Pepaya, dan Buah Naga.  Selain itu, PT Sewu Segar Nusantara bekerjasama dengan petani lokal di Jawa Tengah untuk menghasilkan Honey Melon, Golden Melon, Rock Melon, dan Jeruk Baby, serta telah mengembangkan tindakan pengendalian mutu yang ketat. PT Sewu Segar Nusantara berkomitmen untuk menawarkan ketersediaan buah-buahan sepanjang tahun dalam kategori buah volume tinggi, seperti pisang, nanas, jambu biji, apel, dan pir, yang dipasarkan oleh lebih dari 3000 pengecer.

Dok Pengemasan (sumber www.sunpride.co.id)

Buah-buahan tropis menjadi mayoritas dari berbagai produk Sunpride termasuk nanas, jambu, pisang , pepaya, jeruk, dan melon. Iklim Indonesia dengan  tanah yang subur, cocok ditanami aneka jenis buah dalam berbagai varietas sepanjang tahun. Penelitian berkelanjutan Sewu Segar Nusantara ke dalam budidaya buah dan pengendalian kualitas telah diterapkan pada perkebunan Nusantara Tropical  Farm di Lampung, juga mitra-mitra petani lokal buah tropis lainnya di seluruh Nusantara. PT Sewu Segar Nusantara merintis usaha dengan mempromosikan buah sebagai bagian dari diet sehat menggunakan beragam teknik pemasaran. Konsistensi dalam kualitas, rasa, dan kesegaran setiap merek produk buahnya  dicapai melalui penelitian berkelanjutan, termasuk dalam metode penyimpanan dan kemasan. 

Dok Truk Distribusi (sumber www.sunpride.co.id)
Kesegaran buah ini dijamin oleh sistem distribusi dengan lebih dari 65 truk berpendingin yang mengendalikan suhu penyimpanan dengan hati-hati. Tujuannya agar kematangan buah tetap terjaga tanpa memerlukan bahan kimia buatan. Sewu Segar Nusantara sebagai distributor buah  bagi sekitar 3 ribu peritel modern dan tradisional, termasuk hypermarket, supermarket dan rumah toko.

Pisang Cavendish Sunpride
Selain rutin berolahraga, yuk makan buah pisang setiap hari supaya badan selalu sehat dan bugar. Tunggu apalagi :) segera penuhi stok buah di rumah dengan Pisang Cavendish Sunpride. 

Sampai Jumpa

Sumber referensi http://www.sunpride.co.id/
    

8 comments:

  1. Aku pun penggemar pisang,mbak.
    Namun,pisang cavendish ini belum pernah kucobain mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah boleh dicoba mba, rasanya legit dan buahnya empuk saat digigit

      Delete
  2. aku juga penggemar pisang terutama pisang ambon dan raja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, jenis buah pisang bermacam-macam. Aku juga suka jenis pisang Ambon enak rasanya, pengalaman pribadiku kalo pisang Cavendish ini emang lebih awet

      Delete
  3. Wah betul juga. Pisang bisa berbuah kapan pun sehingga bisa dinikmati sepanjang waktu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyari buah Pisang relatif gampang, banyak dijual baik di pasar tradisional maupun supermarket. Pisang Cavendish praktis juga buat bekal :)

      Delete
  4. Aku juga selalu makan pisang Cavendish mba. Rasanya manis dan kulitnya mulus. Teryata buah ini emang buah lokal ya. Banyak yang kira buah import ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, pertama ngeliat kirain pisang dari negeri sebrang, ternyata pisang Cavendish Sunpride buah asli Indonesia yang dibudidayakan secara khusus :)

      Delete