Thursday, May 18, 2017

5 Hal yang Kulakukan Menjelang Bulan Ramadhan



Apa saja yang aku lakukan menyambut bulan puasa?
1. Memastikan mengganti puasa yang bolong
Biasanya aku mencicil mengganti puasa selambat-lambatnya satu bulan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Waktunya bisa dicicil tiap Senin-Kamis, atau kalau mau sekalian bisa borongan, puasa berurutan dari Senin sampe Kamis. Bisa juga mengganti puasa sesegera mungkin setelah bulan Ramadhan berlalu. Rasanya tiap orang punya kebiasaan berbeda dalam mengganti puasa Ramadhan, yang penting kudu dipastikan bolong puasa tahun lalu sudah diganti. Puasa bolong bisa disebabkan beberapa hal, khusus perempuan biasanya kedatangan tamu bulanan, bisa juga karena sedang sakit atau ada hal mendesak lain yang menyebabkan seseorang tidak bisa menjalankan ibadah puasanya.
Ilustrasi Sahur, sumber: Shutterstock
2. Bebenah rumah
Menjadi kebiasaan menyambut bulan suci Ramadhan, untuk membersihkan perabotan dan perlengkapan rumah tangga supaya lebih nyaman menjalani ibadah puasanya. Bila rumah rapi, bebas debu rasanya akan lebih gembira mempersiapkan menu sahur dan berbuka puasa. Hal rutin yang perlu dilakukan sehari-hari setidaknya menyapu dan mengepel lantai rumah. Selain itu, membersihkan jendela rumah, mencuci korden, mengelap meja dan kursi. Wah banyak juga yaa peernya hehe
Ilustrasi bebenah rumah, sumber: Shutterstock
3. Menggunting Rambut
Tradisi memotong rambut menjadi kebiasaan sejak remaja, katanya biar penampilan terasa lebih segar dan rapi saat berpuasa. Meski sekarang aku menggunakan hijab, bisa menambah rasa pede juga lho kalau potongan rambut rapi. 

Ilustrasi gunting rambut, sumber: Shutterstock
4. Menyortir pakaian bekas yang masih layak pakai
Biasanya aku menjalankan tradisi ini setidaknya setahun sekali, memilah-milah mana pakaian yang sudah kekecilan atau pakaian yang sudah tidak kugunakan lagi namun masih layak dipakai. Pakaian bekas layak pakai bisa disumbangkan ke panti asuhan atau Masjid di lingkungan tempat tinggal. 
Ilustrasi memilah pakaian, sumber: Shutterstock
5. Mencuci kembali perlengkapan Sholat
Memastikan semua perlengkapan sholat seperti sajadah, mukena, sarung dalam keadaan bersih tanpa noda sedikitpun, sehingga bisa menjalankan ibadah dengan lebih afdol.
Bagaimana dengan teman-teman, apa saja yang dipersiapkan menyambut bulan Ramadhan? Mumpung masih tersisa sekitar satu minggu lagi sebelum memasuki bulan Ramadhan, mari berbagi :)
Ilustrasi perlengkapan sholat, sumber: Shutterstock

Cheers 

16 comments:

  1. Hallo mba Muti. Bener banget nih. Aku belum beberes rumah dan buku nih. Kayaknya udah makin berdebu
    Makasih idenya mba. Kalau potong rambut udah aku lakukan. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo juga, kalo beberes emang harus dicicil pas lagi luang. Aku malah baru mau ke salon khusus perempuan nih hehe

      Delete
  2. Yang baru nyicil hutang puasa sekarang-sekarang? SAYAAAA!
    Kadang suka kelupaan kalo belum bayar hutang puasa, malah puasa-puasa sunat dikerjain, yang gutang malah lupa diniatin. Hadoh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo beneran lupa,sepertinya bisa diganti setelah puasa Ramadhan nanti mba :)

      Delete
  3. aku malah siapin makanan mba wkwkwk td ke pasar belanja banyak alesannya biar pas puasa ga perlu ke pasar kan pas puasa godaannya ke pasar onde mandeh bikin nelen ludah mulu 🤣😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe sekalian nyetok sembako dulu karena harganya mulai meroket

      Delete
  4. hiks, hutang puasaku masih blm lunas semua :(... itu gmn ya hukumnya.... ada yg bilang ntr gantinya jd dobel... salahku jg nih , ga langsung cepet2 diganti waktu itu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puasa diganti setelah puasa Ramadhan mba

      Delete
  5. Selamat menunaikan ibadah puasa mbak, semoga amal kebaikan mendapat pahala setimpal.

    ReplyDelete
  6. Beberes rumah kayaknya adaa ajaa gak rampung2 saya, mbk.. Kayak udah beres eh ternyata ada yang ketinggalan belum diberesin hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, ada aja yang kudu diberesin, ya nyapu-nyapu, ngepel dll :)

      Delete
  7. Wahhhh gambar-gambarnya banyak Copyright ya mba, kalo mau gambar yang begitu mba bisa cari di Freepik.com, dengan gambar flat yang mungkin mba suka atau yang berkaitan dengan diatas. Lengkap kok, gambarnya juga lebih jernih dan tidak ada tanda silang silang seperti diatas... mungkin itu aja saranku mba, semoga membantu hhe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sarannya. saya liat referensi dari temen-temen, belum sempat searching lagi :)

      Delete
  8. sangat membantu tipsnya mbak, makasih infonya masih relevan utk persiapan sebelum lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kalo beberes rumah memang harus rutin yah, gak hanya di momen lebaran hehe

      Delete