Sunday, February 20, 2022

Belajar Memetik Ubi di Kuntum Farm Field

 

Di awal tahun 2022, aku dan keluarga berwisata ke obyek wisata Kuntum Farm Field yang terletak di kota Bogor, Jawa Barat. Menurutku Kuntum Farm Field adalah satu tempat wisata bernuansa edukatif. Di sini, kita bisa mengenal sejumlah hewan ternak, mempelajari beberapa jenis tanaman sekaligus melepas penat. Aku sudah pernah mengunjungi tempat wisata ini beberapa kali. Unsur edukasi menjadi magnet yang membuatku tak pernah bosan mengunjungi tempat ini.  Kuntum merupakan tempat belajar yang cocok bagi anak-anak, terutama buat anak TK dan SD.


Di lahan pertaniannya, pengunjung bisa merasakan bagaimana rasanya panen, dan memetik produk pertanian. Tentu, produk pertanian yang bisa dipanen berbeda-beda sesuai masa tanam tumbuhan tertentu. Di bulan Januari, kebetulan ada beberapa jenis Ubi seperti Ubi Ungu, Ubi Jepang, Uji Cilembu yang sudah boleh dipanen. Kita bisa memetik sendiri jenis Ubi yang kita inginkan. Anak-anak bisa belajar menghargai bagaimana proses memetik bahan pangan sebelum dikonsumsi.
Pembayaran dilakukan sesuai berat timbangan. Ada patokan harga yang sudah ditentukan, harga sekilo ubi bervariasi berkisar 7 ribu hingga 12 ribu rupiah.

Selain itu, di sini kita bisa mengenal jenis hewan ternak seperti kambing, domba, sapi dan ayam. Memberi makan hewan, memberi minum susu atau bermain bersama kelinci. Di sini, juga tersedia tanaman produk pertanian organik hasil dari lahan pertanian yang dijual bagi pengunjung. Di akhir pekan, banyak wisatawan datang bersama keluarga, sedangkan di hari biasa, banyak jadwal kunjungan dari berbagai sekolah maupun rombongan TK.


 

Selamat berwisata, dan tetap menjalankan protokol kesehatan ya. Selalu menggunakan masker, menjaga kebersihan dan menghindari kerumunan.

Salam sehat

No comments:

Post a Comment