Friday, August 25, 2017

Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan



Mengurus di Kantor SAMSAT

Bagaimana sih cara mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan? Kerepotan mengurusnya sudah terbayang-bayang dibenakku, kenapa? Soalnya untuk perpanjangan STNK kendaraan setiap 5 tahun, kita harus datang ke kantor Samsat untuk pengecekan fisik kendaraan. Pastinya agak sedikit merepotkan dan membutuhkan waktu beberapa jam. Berbeda dengan perpanjangan STNK tahunan, kita cukup datang ke loket gerai samsat perpanjangan STNK dan SIM yang kini terdapat di beberapa mal atau kita bisa mengurus di kendaraan keliling perpanjangan STNK dan SIM milik kepolisian.

Nah, setelah membaca beberapa ulasan di beberapa blog, beberapa waktu lalu aku memilih mengurus di kantor Samsat terdekat. Sekarang saatnya aku berbagi pengalaman. Langkah pertama, kita harus datang ke kantor Samsat sesuai wilayah alamat yang tertera di STNK. Misal kendaraan memiliki alamat STNK di Jakarta Utara, bisa datang ke kantor bersama Samsat Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, di jalan Gunung Sahari, Jakarta Utara. Lokasi kantor Samsat terletak di seberang pertokoan mangga dua square. Atau untuk kendaraan yang beralamat di Jakarta Timur bisa datang ke kantor bersama Samsat Jakarta Pusat dan Jakarta Timur di jalan DI Panjaitan yang terletak dekat kantor bea cukai Jakarta Timur. Pemilik kendaraan yang beralamat di Jakarta Pusat bisa mendatangi salah satu kantor bersama Samsat yang terletak di  Jakarta Utara atau Jakarta Timur. Pemilik kendaraan dapat mengurus di kedua kantor Samsat tersebut.

Kebetulan aku mengurus di kantor bersama Samsat Jakarta Utara dan Jakarta Pusat yang berlokasi dekat kawasan mangga dua. Well, sebenernya pada tau gak sih arti Samsat hehehe, saya sendiri juga baru ngeh setelah ngurus sendiri ke kantornya. Samsat singkatan dari sistem administrasi manunggal satu atap. Istilah Samsat lebih familiar, dibanding menyebutkan kantor unit PKB (pajak kendaraan bermotor) dan BBN-KB (Bea balik nama kendaraan bermotor), yang dikelola dibawah BPRD. BPRD adalah badan pajak dan retribusi daerah propinsi DKI Jakarta, sebuah organisasi yang mengelola pendapatan daerah dalam pemungutan pajak dan retribusi daerah.

Loket Pendaftaran Cek Fisik
Fotokopi Surat Kendaraan
Tahapan Perpanjangan STNK
Mengurus perpanjangan STNK relatif memakan waktu sekitar 2-3 jam, mulai dari antre mendaftar dengan memfotokopi dahulu berkas STNK dan KTP, selanjutnya mengambil formulir isian pengecekan nomor rangka mesin mobil. Di tahap  pengecekan fisik kendaraan, waktu antre relatif lama, karena satu per satu kendaraan harus dicek dan ditempeli stiker oleh petugas berwenang. Areal pengecekan fisik untuk kendaraan motor dan mobil dipisah.  Setelah kendaraan selesai diperiksa, formulir dikumpulkan ke petugas untuk mendapat bukti telah menjalani pemeriksaan fisik kendaraan atau cek fisik.

Cek Fisik Kendaraan
 
Cek Fisik Kendaraan Roda Dua

Selanjutnya, setelah mendapatkan bukti telah menjalani cek fisik kendaraan. Kita harus melakukan pendaftaran untuk pembayaran perpanjangan STNK di loket khusus, disertai formulir isian yang telah diisi dan diberi cap petugas dari bagian pengecekan fisik kendaraan. Bila sedang ramai, antrean bisa memakan waktu berjam-jam. Lebih baik datang lebih awal sehingga tidak terlalu lama menunggu. Kantor pelayanan Samsat ini buka setiap hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. Khusus hari Sabtu kantor Samsat hanya buka setengah hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul setengah 12 siang. Setelah menyerahkan formulir isian ke loket khusus perpanjangan STNK, kita tinggal menunggu panggilan untuk membayar sejumlah uang sesuai nilai pajak yang tertera. Saat membayar kita diminta mengumpulkan KTP asli, selanjutnya tinggal menunggu STNK jadi sekitar 30 menit hingga 45 menit. KTP asli akan dikembalikan bersamaan pada saat kita menerima STNK yang baru.


Loket Pembayaran Pajak Kendaraan
Ruang Tunggu


Tahap terakhir, mengambil plat nomor polisi kendaraan. Loketnya terletak di bagian belakang gedung pengecekan fisik kendaraan. Cukup serahkan tembusan lembar bukti pembayaran STNK, tunggu sekitar 30 menit maka petugas akan menyerahkan plat nomor yang baru tercetak.


Loket Pengambilan Plat Nomor
Proses Plat Nomor 30 Menit


Bagaimana prosesnya? Sepertinya terlihat simpel bukan, namun namanya proses mengurus surat-surat kendaraan tentu perlu waktu. Kita perlu bersabar dan menyediakan waktu luang untuk mengantisipasi panjangnya antrean. Menurut saya, areal parkir di kantor Samsat yang berada di kawasan mangga dua ini relatif lapang, namun gedungnya terpisah-terpisah. Untuk parkir kendaraan, aksesnya memang terbatas, maka datanglah sepagi mungkin sehingga mudah memperoleh parkir.



Kantin di Kantor Samsat
Jangan khawatir, di kantor Samsat juga tersedia fasilitas kantin bila lapar menyapa dan Masjid untuk beribadah.

Sampai Jumpa

8 comments:

  1. pengalaman ribet ngurus balik nama beda Provinsi yang harus ke Polda di surabaya jadi sekarang aku nyuruh urang klo udah perpanjangan. Gak kuat ngunggu cek fisiknya yang masa alah. Kalo cuma bayar pajak aku bayar langsung .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas kalo lagi rame antreannya bisa beberapa jam, memang kudu meluangkan waktu dan dateng pagi-pagi pas buka

      Delete
  2. Nah, informasi seperti ini berguna banget mba. Aku termasuk paling malas untuk ngurus seperti ini. Soalnya seringnya ngblank :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngurus perpanjangan STNK emang kudu sabar hehe

      Delete
  3. Bermanfaat Mbak infonya..Setiap perpanjangan STNK saya lewat biro jasa, karena sudah bayangin duluan ribetnya ..hiks:(

    Tapi kalo bayar pajak biasa ke gerai samsat yang di mal..Saya ke Gandaria City Mal. Cuma kurang tahu juga mereka melayani yang perpanjangan 5 tahunan nggak.

    Btw, TFS:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah bermanfaat, kalo gerai di mal atau di mobil keliling gak melayani perpanjangan 5 tahunan mba, soalnya kendaraan harus dicek fisik di kantor samsat

      Delete
  4. Meskipun beda daerah, tapi setidaknya aku jadi tau proses perpanjangan stnk. Soalnya selama ini aku belum pernah urus stnk. Kalau berkaitan surat-menyurat memang butuh waktu dan kesabaran ya mba. Menunggu buat sim aja aku udah capek antrinya, jadi kebayang kalau perpanjangan stnk.

    ReplyDelete
  5. Saya udah agak lupa bagaimana proses mengurus STNK. Sejak nikah, selalu suami yang mengurus. Kalau dulu sih mengurus sendiri :)

    ReplyDelete