Friday, August 11, 2017

Berburu Kuliner Tradisional di Kampoeng Legenda



Kuliner Khas Indonesia
Halo semua...Siapa yang suka sama makanan khas Indonesia? Sayalah tentunya hehehe...libur akhir pekan ini udah ada rencana mau jalan-jalan kemana? Kalau saya memilih ke pameran kuliner “Kampoeng Legenda” yang diadakan di Mal Ciputra Jakarta, mulai 9 Agustus sampai tanggal 20 Agustus mendatang. Kenapa saya memilih datang kemari? Karena di satu lokasi ini saya bisa menemukan berbagai ragam masakan khas nusantara, tanpa perlu capek-capek keliling kota. Di pameran kuliner ini tersedia hampir seratus stand makanan khas, mulai dari kerak telor dan dodol khas Betawi, kue serabi, siomay, mie goreng Jawa, sate ayam, soto ayam, aneka es durian, es dawet, masakan khas Bali, pokoke buanyaaak deh. Harganyapun relatif terjangkau, rata-rata  mulai dari 5 ribu hingga 30 ribuan rupiah per porsi.

Mie Goreng Jawa

Stand Soto Kudus
Serabi Daun Suji
Serabi yang dimasak ditungku dengan arang, rasanya memang enak, bisa memilih dengan kinca rasa pandan atau kinca rasa durian, kalo saya menyebutnya kuah hehe. Adonan serabi menggunakan campuran daun pandan dan daun suji, sehingga warnanya kehijau-hijauan. Pemilik usaha kue serabi “Pondok Serabi Hijau” 11 bersaudara ini sudah berjualan di pasar lama Tangerang sekitar 10 tahun. Kue serabi ini  dijual  seharga 5 ribu rupiah per buah. Disini berlaku pembelian dengan kupon yaa, jadi tukarkan dulu uang rupiah yang dimiliki dengan kupon khusus yang hanya digunakan dalam pameran kuliner ini.

Serabi Daun Suji
 
Kupon Uang

Aneka Jajanan
Di stand dodol, pemilik stand sengaja menampilkan proses pembuatannya untuk menarik konsumen. Betawi Dodol khas Betawi berbahan ketan hitam atau durian. Dodol rasa durian lebih terasa manis, aromanya pun wangi. Dodol ala “Rumah Dodol Betawi Bang Rizal” yang berpusat di kawasan Pejaten ini beraneka ragam dan bisa dipesan sesuai kebutuhan konsumen. Bagi penyuka buah durian alias duren, cobain juga es duren “Iko Gantinyo” yang sudah berdiri sejak tahun 80an dan memiliki cabang di berbagai lokasi ini. Buah durian asli dicampur es, susu dan jelly rasanya yummy. Brrr dingin di lidah, cocok buat penghilang dahaga di siang hari.

Es Krim Durian
Mie Goreng Jawa
Saya penggemar berat mie goreng Jawa, jadi kalo ada kesempatan atau ketemu penjaja mie goreng alias “migor” , pasti pengen nyobain. Seporsi mie goreng Jawa ala “Mie Jowo Semar” ini dihargai 28 ribu rupiah per porsi, rasanya cukup lezat, gurih gurih pedas. Proses memasaknya pun relatif cepat. Sajian mie goreng tidak terlalu kering namun cenderung agak basah, biasanya dikenal dengan sebutan mie Nyemek. Usaha Mie Jowo Semar ini sudah berjalan lebih dari 5 tahun, sehari-hari berpusat di kawasan Serpong, Tangerang.

Stand Mie Goreng Jawa
Seporsi Mie Goreng Jawa

Festival kuliner nusantara “Kampoeng Legenda” diadakan menyambut peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Ajang semacam ini menjadi salah satu bentuk pelestarian kekayaan kuliner nusantara dan budaya Indonesia. Saya sebagai penggemar kuliner, suka banget dengan even-even kuliner seperti ini. 

Suasana Pengunjung


Suasana Pengunjung
Stand Jajanan
Berbagai makanan khas daerah tersaji disini, seperti masakan khas Betawi, masakan khas Padang, masakan khas Manado, masakan khas Bali, dan aneka jajanan. Yuk mampir ke festival kuliner, sembari mencicipi ragam masakan khas daerah bisa cuci mata keliling mal hehehe.

See U 

17 comments:

  1. Aku lebih suka makan serabi sama dodol karena sebagai makanan penutup harus makan sesuatu yang manis.

    nurazizahkim.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serabi mininya enak mba, jangan lupa cobain yaa :)

      Delete
  2. yahh.. cuma sampai 20 Agustus doang...

    ReplyDelete
  3. Mall Ciputra itu lotte shopping mall bukan sih? apa beda lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mal Ciputra beda mba, lokasinya di paling ujung, sebelah UNTAR atau sebrangnya USAKTI Grogol

      Delete
  4. Perut gendut tiada masalah etap pede banyak temannya... Paling suka dtg ke acara kulineran. Byk makanan yg bisa dibeli... Abaikan perut gendut. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas, demi hobi kulineran lupakan masalah perut sejenak hehe

      Delete
  5. Kalau mampir disini pasti bakalan kalap karena pasti banyak makan. Heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, rasanya pengen nyobain semua jenis makanan hehehe

      Delete
  6. Sampai tanggal 20 ya, Mbak? Wah, masih bisa ke sana...Kuliner legenda macam ini ngangeni...Trims info dan ceritanya ya Mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mumpung masih berjalan mba, segera meluncur :)

      Delete
  7. Aku juga suka mie jawa, yang pasti acar dan cabe rawit nggak boleh ketinggalan hihi. Btw penasaran dengan serabi daun sujinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuklah dicobain Serabinya, biar gak penasaran hehehe

      Delete
  8. Oh ini yang Kampung Legenda di mall Ciputra itu? Wah, aku ga sempat mampir hehe, padala paling demen makan aku mah. Mie goreng Jawa nya menggoda selera banget ya, apalagi minumnya kl es krim hhhmmm es campur gitu makin nikmat aja.

    ReplyDelete
  9. nooooooooooooo bahaya banget baca ini pagi-pagi :( lapeeeeeeeer

    ReplyDelete