Wednesday, December 14, 2016

Aku Ingin Berlibur Ke Lombok


Lombok Tujuan Wisata Halal
Wah liburan akhir tahun ini enaknya jalan-jalan kemana yaa. Sudah lama aku tak berlibur bersama keluarga besar. Ingin rasanya membahagiakan orangtua, sambil  mengajak keluarga kakak adikku berwisata ke Lombok. Tau kenapa? ya soalnya Lombok sudah mendapat predikat sebagai tujuan wisata halal. Ya pastilah bagi kami umat muslim, isu halal haram menjadi pertimbangan tersendiri saat hendak berkunjung ke sebuah tempat wisata.
Bagi keluarga kami, sudah menjadi tradisi ketika hendak memutuskan lokasi berlibur, mencari informasi sebanyak-banyaknya khususnya yang terkait makanan halal, dan penginapan syariah yang ada di tempat wisata. #wisatahalallombok #wisatahalallomboksumbawa #halaltourismID #wisatahalalindonesia

Gn Rinjani (sumber: shutterstock)
Keluarga kami tertarik menjadikan Pulau Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai tujuan wisata saat liburan sekolah nanti. Alasannya karena Lombok sudah berpredikat sebagai tujuan wisata halal. Lombok memperoleh penghargaan sebagai tujuan wisata halal terbaik di dunia dan tujuan wisata berbulan madu halal terbaik di dunia, dalam ajang anugerah wisata halal di Uni Emirat Arab pada tahun 2015 lalu. #wisatahalallombok #wisatahalallomboksumbawa #halaltourismID #wisatahalalindonesia
Pulau Lombok dikukuhkan sebagai The World Best Halal Tourism Destination dan The World Best Halal Honeymoon Destination dalam ajang The World Halal Travel Summit di Uni Emirat Arab, pada tahun 2015.

Air Terjun Tiu Kelep (sumber: shutterstock)

Predikat tujuan wisata halal cocok banget dengan preferensi keluarga kami, soalnya kami selalu mikir-mikir, timbang sana sini seperti nanti gampang gak yaa kalo mau sholat, terus makanannya dijamin halal gak, arah kiblatnya bagaimana, tempat wudhunya bersih dan memadai gak. Berbicara mengenai bisnis pariwisata halal, tentu menuntut pelaku bisnis untuk menjalankan praktek bisnisnya sesuai prinsip syariah. Merupakan hal mendasar bagi para pelaku usaha,  baik pengusaha restoran, hotel dan usaha pariwisata terkait lainnya untuk memperoleh sertifikasi halal dalam praktek bisnis dan operasional. #wisatahalallombok #wisatahalallomboksumbawa #halaltourismID #wisatahalalindonesia
 
Hotel di Lombok (sumber: shutterstock)
Lombok juga menjadi daerah pertama di Indonesia yang memiliki Peraturan Daerah (Perda) mengenai pariwisata halal sejak 21 Juni 2016. Perda nomor 2 tahun 2016 tentang pariwisata halal mengatur lingkup pariwisata halal meliputi destinasi, pemasaran dan promosi, industri, kelembagaan, pembinaan dan pengawasan, serta pembiayaan. Pengelola tempat wisata halal wajib membangun fasilitas umum untuk mendukung kenyamanan aktivitas wisata halal, seperti tempat ibadah bagi wisatawan muslim, serta fasilitas berwudhu yang memenuhi standar syariah. #wisatahalallombok #wisatahalallomboksumbawa #halaltourismID #wisatahalalindonesia

Industri makanan dan minuman wajib memiliki sertifikasi halal dan menjamin kehalalan proses penyajian hingga menu yang disajikan. Pelaku usaha SPA, sauna dan griya pijat yang halal, wajib menyediakan ruangan perawatan untuk pria dan perempuan secara terpisah yang tidak melanggar syariah, serta memiliki sarana yang memudahkan untuk sholat. #wisatahalallombok #wisatahalallomboksumbawa #halaltourismID #wisatahalalindonesia

Sawah di Senaru (sumber: shutterstock)

Meski berpredikat tujuan wisata halal,  Lombok Sumbawa bukan hanya untuk wisatawan muslim saja lho. Lombok Sumbawa terbuka untuk semua wisatawan. Pariwisata halal khas Lombok merupakan kearifan lokal masyarakat yang mewarnai denyut pariwisata Indonesia.

Lombok Tujuan Favorit Wisatawan
Mengapa kami harus ke Lombok? Lombok terkenal akan pemandangan alam yang masih asri, pantai-pantai eksotis, bukit yang dikelilingi sawah hijau royo-royo. Selain itu Pulau Lombok juga terkenal dengan pulau 1000 mesjid karena jumlah masjid yang sangat banyak, sehingga umat muslim mudah  menemukan tempat ibadah. Bayangkan saja, terdapat lebih dari empat ribu masjid di Pulau Lombok.

Masjid Agung Al Mujahidin (sumber: dmi.or.id)



Tentu, dengan predikat Lombok sebagai tujuan wisata halal, membuat hati kami tenang, termasuk  juga buat para wisatawan muslim  mancanegara  yang ingin berwisata ke pulau Lombok. #wisatahalallombok #wisatahalallomboksumbawa #halaltourismID #wisatahalalindonesia

Sebagai wisatawan, kami memiliki aneka pilihan makanan, restoran yang sudah pasti terjamin halal atau hanya menyediakan menu halal. Pilihan penginapan hotel yang mengedepankan prinsip-prinsip syariah juga menjadi nilai plus. Menginap pun akan menjadi nyaman dan tenang bila sudah ada jaminan halal. Sebagai wisatawan muslim, kami tak perlu takut salah makan atau salah minum, karena tak ada bahan baku yang diharamkan seperti babi.


Penghargaan Lombok sebagai tujuan wisata halal terbaik di dunia membidik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara, diharapkan bisa membawa angin segar bagi dunia pariwisata Lombok. Semoga penghargaan ini bisa lebih menarik para wisatawan mancanegara, khususnya yang berasal dari negara-negara berpenduduk mayoritas muslim seperti Malaysia, Brunei Darussalam, termasuk negara-negara di Timur Tengah, untuk berlibur ke Lombok. #wisatahalallombok #wisatahalallomboksumbawa #halaltourismID #wisatahalalindonesia

Makanan Khas Lombok
Ayam Taliwang (sumber: lombok.panduanwisata.id)

Makanan…hmm yang satu ini memang sudah  menjadi favorit saya sebagai pecinta kuliner. Ayam Taliwang khas Mataram tersedia dalam beragam  menu, bisa berupa ayam goreng atau ayam bakar. Saya pernah mencicipi ayam bakar Taliwang di sebuah restoran di Jakarta, rasanya enak sekali, bumbunya merasuk hingga ke tulang ayam hehe. Saya jadi  membayangkan pasti lebih nikmat mencicipi ayam taliwang di pulau Lombok.
 
Pelecing Kangkung (sumber: sasambotour.com)
Satu lagi makanan kegemaran saya plecing kangkung, yakni sayur kangkung rebus yang dimasak dengan bumbu sambal tomat pedas . Rasanya gurih-gurih pedas , pokoknya nikmat banget sambil ditemani nasi putih hangat.



Ragam Tujuan Wisata
Pantai Senggigi (sumber: shutterstock)
Lalu apa saja yaa tempat menarik yang bisa kami kunjungi di pulau Lombok. Tentu aku tak akan melewatkan berkunjung ke pantai Sengigi, pantai terkenal dengan butiran pasir nan halus. Pantai Senggigi yang terletak di bagian Lombok Barat sangat terkenal di kalangan wisatawan, karena memiliki garis pantai yang  panjang. Pemandangan di pantai Sengigi juga amat indah.  
 
Menyelam di Gili (sumber: shutterstock)

Pilihan lain adalah wisata menyelam di Gili Trawangan di kawasan Lombok Utara, alias diving atau snorkeling. Menikmati pemandangan alam bawah laut sungguh menakjubkan juga menjadi cita-cita saya bila suatu hari nanti berkesempatan pergi ke Lombok. Pemandangan yang sangat indah, biota laut dan lingkungan yang masih alami merupakan keistimewaan wisata Pulau Lombok. #wisatahalallombok #wisatahalallomboksumbawa #halaltourismID #wisatahalalindonesia 

Berselancar (sumber: shutterstock)
Terdapat tiga gili yang menjadi favorit para wisatawan. Ketiga gili adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, biasa disingkat  Gili TraMenA. Kawasan ini cocok bagi wisata bahari seperti berenang, berselancar, dan menyelam.  Bila ingin melihat dunia bawah laut, wisatawan bisa memilih untuk menyelam menikmati keindahan batu karang, koral dan biota laut yang beraneka ragam. Konon, ketiga gili yang masih bersih dari polusi dikelilingi pasir putih dan menyimpan terumbu karang yang sangat indah. Dari ketiga gili itu, wisatawan dapat menikmati matahari terbit dan matahari terbenam dari balik Gunung Rinjani.

Bagi penyuka pantai, wisatawan dapat menemukan suasana pantai yang relatif sepi di wilayah Lombok Tengah, misalnya di pantai Mawun dan pantai Selong Belanak. Keindahan pantai yang masih alami, dengan air biru, pasir putih serta dikelilingi bukit. Sungguh, pemandangan yang menakjubkan. #wisatahalallombok #wisatahalallomboksumbawa #halaltourismID #wisatahalalindonesia

Pantai Mawun (sumber: shutterstock)
Bagi wisatawan yang ingin berburu oleh-oleh, kain songket khas Lombok bisa menjadi pilihan. Perajin tenun songket banyak terdapat di desa Sukarara wilayah Lombok Tengah. Di desa ini, kita bisa menemukan aneka kain tenun dan songket yang berwarna-warni, seharga ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Penenun Songket (sumber: shutterstock)
Harapan saya sebagai pelancong sekaligus warga negara Indonesia, agar semua pihak terkait pariwisata Lombok Sumbawa bisa ikut bersama mewujudkan tujuan wisata halal yang menyeluruh terhadap umat muslim, bukan sekedar slogan semata.
Tak hanya sekedar menyiapkan sarana prasarana maupun infrastruktur penunjang, namun juga membangun masyarakat pariwisata dan SDM di bidang pariwisata yang mumpuni. 

Semoga cita-cita pemerintah setempat mewujudkan Pulau Lombok, agar memiliki kawasan khusus wisata halal dapat terwujud di masa mendatang. #wisatahalallombok #wisatahalallomboksumbawa #halaltourismID #wisatahalalindonesia
 
Sampai Jumpa di Lombok



 

33 comments:

  1. Wah, jadi semangat pengen ke LOmbok nih mba. Pemandangannya keren banget ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa pemandangan Lombok terlihat masih asri, ayoklah diatur jalan-jalan bareng :)

      Delete
  2. Plecing kangkung dan ayam taliwangnya juaraaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, kalau udah sekali nyobain pengen nambah terus :)

      Delete
    2. Beneer..makannya sampe kepedasan:D

      Delete
  3. Replies
    1. Iya mba ke Lombok enaknya berlibur bareng-bareng yah biar rame hehe

      Delete
  4. Ditunggu kedatangannya di Lombok, mbak \^^/
    Main ke sini hayukkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada kesempatan berwisata ke Lombok suatu hari nanti jadi bisa kopdar ya mba :)

      Delete
  5. semoga suaatu hari nanti aku juga bisa ke lombok, semoga tulisannya menang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba semoga bisa jalan-jalan ke Lombok, makasih doanya btw tergantung konsep penjuriannya hehe...style tulisan saya natural, bukan style ala company profile

      Delete
  6. semoga kesampaian ya aku ke lombok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga angan-angan bisa terwujud hehe :)

      Delete
  7. Duuuh..jadi tambah pengen ke Lombok.. pantainya bagus-bagus ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, pantai-pantai di Lombok cantik

      Delete
  8. Lombok itu sama dengan Bali, keindahan eksotisnya tak mudah dilukiskan dengan kata-kata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada kemiripan Lombok dengan Bali, keduanya juga menjadi tujuan favorit wisatawan

      Delete
  9. Lombok ini akan tempat favoritku kalau mau berlibur. Baru 1x ke Lombok, tapi sudah 2x ke GIli Air. Pengen ke sana lagi nanti.

    ReplyDelete
  10. Aku juga ingin banget ke Lombok, belum pernah ke sana. Hehehe ulasannya bikin pagi saya tambah semangat liat pemandangan indah dan makanan enak. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lombok memang menarik untuk dikunjungi, pantai-pantainya indah :)

      Delete
  11. Di antara guru yang sangat saya hormati ada yang berasal dari Lombok. Semoga suatu saat saya bisa ke Lombok.

    ReplyDelete
  12. Aku juga mau....
    Pernah ke lombok sekali mbak,,pas kuliah. Tapi mau klo ada kesempatan lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, semoga masih ada kesempatan jalan-jalan ke Lombok yaa

      Delete
  13. Aih, mudah mudahan punya kesempatan buat ke Lombok lagi dan merasakan sensasi wisata alam dan kulinernya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wisata alam di Lombok memang gak ada habisnya untuk dieksplor ya

      Delete
  14. Beuhh Lombok.... Suatu saat harus kesana. Belum pernah nih....
    daya tarik Lombok emang ga ada matinye

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas, pesona alam Lombok memang sangat indah

      Delete
  15. Pengin banget bisa ke lombok lantas nanti ikutan belajar nyongket di sana. Moga ada rejeki buat kita kesana yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, semoga suatu hari nanti bisa berwisata ke Lombok ya

      Delete
  16. Pengen banget ke Lombok. Belum kesampaian. Duh, listnya semakin tambah panjang deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, make a wish and the dream will come true :)

      Delete