Monday, August 29, 2016

Sedap-Sedap Pedas di RM Simpang Rawi





Lokasi
Rumah makan Simpang Rawi terletak di jalan raya puncak gadog, tepatnya di jalan menuju ke arah Sukabumi. Jadi kalau kita dari arah Jakarta atau Bogor, sekitar 10 meter dari perempatan Gadog, putar balik dikit di depan penginapan V***** Hills, setelah puter balik belok ke kiri. Lokasi rumah makan ada di sebelah kiri jalan, sekitar 5 meter dari ujung jalan, namun tak ada plang khusus. Rumah makannya terletak pas di samping bengkel motor.

Kenapa aku pengen mengulas rumah makan ini? Soalnya menu makanan dan rasa sambalnya oke banget. Kilas  balik dikit, suatu hari aku mendengar cerita ayahku yang mencoba masakan khas Sunda bersama teman-temannya di salah satu rumah makan di bilangan puncak, Bogor Jawa barat, aku sudah membayangkan betapa nikmatnya ...makanya aku buru-buru mengajak ayahku untuk mampir kesini. Ternyata aku pernah lho dateng ke rumah makan ini meskipun sudah lama banget, sampai-sampai aku bisa lupa yaa hehehe

 
RM Simpang Rawi


Aneka Lauk Pauk
Rumah makan ini menyediakan aneka lauk pauk khas Jawa Barat, seperti ayam goreng,  perkedel jagung, pepes ikan, pepes tahu, empal, peyek udang, ikan goreng,  sayur oncom, sayur sop, sayur asem dan sederet menu lainnya.
Suasana rumah makannya homy, meja dan kursi disusun memanjang. Satu deretan meja makan bisa menampung 10 hingga 12 orang. Kalo dihitung-hitung, rumah makan ini mampu menampung sekitar 100 orang. Atmosfer rumah makan kental dengan nuansa rumahan, dekornya sederhana dan simpel.


Lauk Pauk Tersaji


Menu makanan ditata rapi di atas meja, sehingga pengunjung bebas memilih mana makanan kesukaannya, kadang saking penuhnya mau makan jadi adu sikut hehehe....nah kalo begini keadaannya, gampang kok, tinggal pindahin sebagian lauk pauk yang memang gak dimakan ke meja kosong atau minta tolong sama pelayan untuk memindahkan piring-piring berisikan aneka lauk.

 
Menu yang Lezat


Aneka lauk tersaji di meja makan sebagaimana layaknya di rumah makan Padang. Boleh lho minta tolong diangetin lagi sebelum makan, karena semua lauk sudah matang. Lauk yang sudah diangetin rasanya lebih nendang ditambah nasi hangat....nyam nyam
Tahu segar dipasok dari Bandung setiap hari, sehingga tahu gorengnya terasa gurih dan lembut saat dikunyah. Buat penggemar lalapan, tersaji aneka dedaunan hijau yang menambah kenikmatan.

 
Menu Favorit Saya
Peyek udang
Peyek udang berukuran relatif cukup besar, rasanya memang juara. Satu peyek udang bisa dimakan rame-rame, bisa buat 2-3 orang lah ...kriuk

Peyek Udang


Bakwan jagung
Pada dasarnya saya emang suka banget sama makanan yang bernama perkedel alias bakwan jagung, apalagi perkedel jagung di rumah makan ini, teksturnya padat berisi dan garing.


Bakwan Jagung


Harga Terjangkau
Harga makanan disini amat terjangkau, mulai 3 ribu rupiah saja. Menurut saya secara umum harga makanannya relatif miring dibanding rumah makan khas Sunda lainnya.
Makan 100 ribu rupiah untuk berempat sudah cukup mengenyangkan lho...
Ini beberapa kisaran harga menunya, peyek udang dihargai 10 ribu rupiah, ayam bakar per potong 20 ribu rupiah, seporsi pepes ikan berkisar 30 ribu rupiah, untuk empal daging dihargai 25 ribu rupiah per potong. Adapula menu burung dara goreng, sepotongnya dihargai 15 ribu rupiah, rasanya gurih dengan tekstur daging yang empuk dan renyah.


Burung Puyuh Goreng


Tak lupa dicocol sambal terasi dan sambal tomat....wuih nikmatnya luar biasa. Ada 2 macam sambal yang tersaji, sambal terasi dan sambal tomat. Saya senang mencampur kedua sambal tersebut. Kalo sambal terasi, warnanya lebih merah dan terasa lebih pedas. Kalo sambal tomatnya rasanya segerrr, pokoke nikmat bangetlah.



Sambal Terasi


Menurut saya, minuman es teh tawar atau es teh manis rasanya pas menemani menu makanan disini. Apalagi bila makan di siang bolong nan terik, rasanya dahaga bisa terpuaskan...slurppp.


Tips

Perlu diingat, rumah makan ini tutup setiap hari Jumat yaa. Rumah makan buka dari hari Sabtu hingga Kamis, mulai pukul 7 pagi hingga pukul 8 malam.

Rumah makan ini bisa dibilang tak pernah sepi dari pengunjung, saat jam makan tiba kadang harus bersabar antre giliran mendapat kursi. Jangan lupa, siapkan uang tunai untuk pembayaran saat berkunjung ke sini.
Saking nikmatnya rasa masakan di rumah makan ini, aku tak bosan-bosannya bolak balik ke rumah makan ini. Tentu, pergi beramai-ramai kesini akan menambah kenikmatan tersendiri seperti saat aku ke sini pertengahan Agustus lalu.

Suasana di RM Simpang Rawi


This is one of my favorite restaurants. You should come and taste a bit ......yummy :)

See U
 
Rumah Makan Simpang Rawi
Jl Raya Puncak, Gadog no 442 Ciawi 
Telp: (0251) 8240509 



12 comments:

  1. Wah sampai ngantri2 gtu pasti enak banget makanannya :D

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, rasanya enak dan harganya ramah di kantong hehehe

      Delete
  2. Aku belum pernah makan disini, mba. Skali skali pengen nyoba. Apalagi sambalnya kalau pedas, aku doyan bangeeetttttt ...
    Makasih infonyaa mbaa

    ReplyDelete
  3. sambal terasinya rada basah ya.. nggak kering. Tapi menggiurkan sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambal terasi emang rada basah, asli enak bangetz

      Delete
  4. paling suka rumah makan yg makanannya ditaruh di meja semua kayak gini... tinggal ambil, happ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya penataan menu mirip-mirip ala rumah makan Padang, dipilih dipilih :)

      Delete
  5. aaah saya punya kenangan nih di simpang rawi..duluuu pernah diklat bbrp bulan di PPSDM situ dan sering makan ke sini atau ke Bakso seseupan deket situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nostalgia mba, makan disini emang membawa kenangan hehe

      Delete
  6. wih bikin ngiler, apalagi pas liat sambalnya....kapan2 pengen nyoba ke sini ah (mudah2an bisa segera ke sana)

    ReplyDelete
  7. Yup, sambalnya memang sedap banget

    ReplyDelete