Thursday, April 21, 2016

Ayo Berwisata ke Kebun Raya Bogor




Selamat Datang di Kebun Raya Bogor
Suatu hari anak-anakku bertanya, “Mama...kapan kita ke Kebun Raya? kok gak jadi-jadi”.
Aku memang sudah berjanji untuk mengajak anak-anakku bermain  ke Kebun Raya Bogor, mencari udara segar s
ekaligus mengenal alam sejak beberapa bulan lalu.
Akhirnya di
suatu hari di bulan Maret 2016, kami berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Minggu pagi yang cerah sekitar pukul 6 WIB, keluarga kami sudah bersiap-siap. Rasanya ingin tiba sepagi mungkin supaya bisa merasakan segarnya udara kota Bogor. Perjalanan dari Jakarta menuju Kebun Raya Bogor melalui tol Jagorawi, memakan waktu sekitar satu jam menggunakan kendaraan pribadi.

Sudah menjadi kebiasaanku untuk menghabiskan waktu libur bersama anak-anak ke tempat wisata alam.
Berkunjung ke tempat yang masih alami, sambil belajar mengenal alam dan lingkungan sekitar.
Hamparan ratusan pepohonan besar yang tinggi menjulang menyambut kedatangan kami di pagi hari itu. Aku bisa merasakan embusan segar udara pagi yang menyelinap diantara dedaunan dan pepohonan.


Anak-anakku sangat senang berwisata ke Kebun Raya Bogor. Anak-anak bebas berlarian, menikmati pemandangan hijau di segenap penjuru, dan mengenal beragam jenis tetumbuhan. Kadang mereka berlomba lari sambil mengejar kupu-kupu yang beterbangan, serta mengintip sarang semut yang kerap nyaris terinjak bila kurang berhati-hati saat berjalan di tengah rerumputan.
Aku sering mengingatkan anak-anakku, "Hati-hati saat berjalan
, jangan sampai menginjak gundukan sarang semut". Aku berusaha mengajarkan kepada anak-anakku sedini mungkin, bahwa binatang berhak untuk hidup, sama halnya seperti manusia. Anak-anakku tertawa kegirangan ketika berhasil berlari menghindari gundukan-gundukan sarang semut yang banyak bertebaran di taman di sekitar kolam Bunga Teratai atau di areal sekitar cafe Dedaunan.


Wisata Alam Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor merupakan lokasi wisata favorit bagi keluargaku. Sebenarnya aku sudah pernah berkunjung beberapa kali dengan putra sulungku, namun kunjungan kali ini istimewa karena menjadi momen pertama bagi putri bungsuku.  Menurutku mencintai alam perlu dipraktikkan secara langsung, sehingga anak-anak bisa merasakan betapa luas bumi ini dan melihat keindahan keanekaragaman tumbuhan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Tak lupa, kami berpose di depan kolam Bunga Teratai sebagai kenang-kenangan. :)
Di Kebun Raya Bogor , anak-anak bisa mempelajari berbagai hal secara riil, hal yang selama ini hanya mereka baca di dalam buku-buku pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Aku ingin anak-anak mengenal lingkungan, alam, dan isi bumi sebagai ciptaan Yang Maha Kuasa sejak kecil. Kebiasaan mempelajari tumbuh-tumbuhan di Kebun Raya, menabung secercah harapan bahwa anak-anak kita sebagai generasi penerus masa depan bangsa, bisa lebih peduli dalam melestarikan lingkungan dan menjaga bumi pertiwi.


Pohon Kaktus


Sayangi Bumi
Di Kebun Raya Bogor, kita bisa membawa bekal, dan menggelar tikar di rerumputan sambil bercengkrama dengan sanak saudara maupun teman-teman. Namun, jangan buang sampah sembarang lho...asyik berwisata dan tetap menjaga kebersihan, menjadi kamus mutlak saat bepergian.
Di sini, aku bisa mengajarkan langsung bagaimana menjaga kebersihan lingkungan. Seperti biasa, anak-anakku doyan makan es krim. Mereka minta dibelikan es krim yang dijajakan para pedagang di sekitar kawasan jembatan gantung.
Aku selalu mengingatkan, "Nak, kalau es krimnya sudah habis, buang bungkus es krimnya ke tempat sampah yaa, supaya taman Kebun Raya tidak kotor", kataku sambil menunjukkan lokasi tong sampah yang tersebar di berbagai sudut Kebun Raya.
"Lihat, kalau kebunnya bersih kita akan nyaman menikmati pemandangan"
, begitu kataku.
Anakku menjawab
,"Iya ma, kalau buang sampah harus ditempat sampah kan, supaya gak jorok".
Aku juga mengajarkan anak-anakku untuk tidak menyentuh dan memetik bunga yang berada di areal Kebun Raya, supaya tumbuhan tersebut tidak rusak, layu atau mati. Senang sekali rasanya berada di Kebun Raya, karena aku bisa mengajarkan hal-hal yang mungkin terlihat sepele dalam keseharian.



Taman di sekitar Kolam Bunga Teratai



Keindahan ribuan spesies tetumbuhan dan pepohonan sulit dilukiskan dengan kata-kata. Suasana yang asri dan teduh di berbagai sudut kompleks Kebun Raya Bogor bisa menjadi tempat melepas lelah, menghilangkan penat sejenak dari kesibukan sehari-hari.
Memandangi air mancur
di kolam Bunga Teratai mampu menyejukkan jiwa. Mengamati percikan air yang mengalir diantara bebatuan dari atas jembatan gantung yang terletak di areal Kebun Raya Bogor menjadi momen langka, yang sukar kita peroleh ditengah kota Jakarta nan padat gedung- gedung pencakar langit.


Aliran Sungai dibawah Jembatan Gantung


Lokasi Menarik di Kebun Raya Bogor
Saat lapar tiba, kita bisa mencicipi menu yang disajikan di cafe Dedaunan. Aneka penganan tersedia, dari menu tradisional hingga menu Internasional. Siang itu, kami mencoba menu masakan khas Indonesia, nasi goreng ayam. Hmm...sedapnya menikmati butiran-butiran nasi goreng ditengah embusan udara sejuk. Apalagi disuguhi pemandangan hijaunya dedaunan dan kicauan burung menyemarakkan suasana.

Kebun Raya Bogor yang sangat luas ini memang sulit dijelajahi hanya dalam waktu satu hari. Setiap kali datang ke Kebun Raya, rasanya selalu saja kehabisan waktu karena begitu banyak hal menarik yang bisa ditemui disini. Beberapa lokasi menarik seperti Taman Anggrek, menikmati pemandangan Istana Bogor  dari tepian Kolam Gunting dan menjelajahi Museum Zoologi. Keberadaan Kebun Raya Bogor patut kita jaga bersama, sebagai tempat konservasi dan pelestarian koleksi tumbuhan. Tentu, kontribusi Kebun Raya Bogor sebagai paru-paru dunia dalam meminimalisir pencemaran udara amat penting. Bersama menjaga kelestarian Kebun Raya Bogor berarti turut menjaga kelestarian bumi tercinta.



Pemandangan Indah di Kebun Raya Bogor

Bagiku, saat yang tepat berkunjung ke sini di pagi hari atau sore hari, saat cuaca atau matahari tidak terlalu terik. Akses menuju lokasi juga relatif mudah dijangkau karena terletak di pusat Kota Bogor. Ada beberapa akses pintu masuk menuju Kebun Raya Bogor. Aku memilih masuk melalui pintu  yang terletak di pertigaan jalan Pajajaran atau jalan Jalak Harupat. Kita bisa memarkir kendaraan pribadi di pertokoan di sekitar jalan Pajajaran, dan melanjutkan perjalanan ke Kebun Raya Bogor dengan berjalan kaki atau naik angkot.


Suasana di Kebun Raya Bogor

Tak lupa membawa topi serta payung, senjata andalan yang selalu kubawa kemanapun aku berwisata. Aku berjanji akan sering-sering mengajak anak-anakku ke Kebun Raya Bogor, supaya mereka dapat bermain sambil belajar.

Selamat Hari Bumi & Sampai Jumpa Lagi di Kebun Raya Bogor :)



Web Kebun Raya Bogor (www.krbogor.lipi.go.id)

102 comments:

  1. wuih ... asyik ya , terakhir kali kami sekeluarga bisa ke Kebun Raya Bogor pada sekitar tahun 1995 dulu ... sewaktu anak anak masih kecil ...maklumlah, kami tinggal di jawa timur. Dengan membaca dan melihat foto foto ini membuat saya ingin mengajak cucu untuk berkunjung ke Kebun Raya Bogor ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah lama banget ya 10 tahun lalu, kapan-kapan kalau liburan sempatkan ke Kebun Raya Bogor sama anak cucu, pasti bakalan seru :)

      Delete
  2. Kebun raya bogor emang tempat menarik untuk dikunjungi Bersama keluarga... sebagai temp at bermain Dan belajar.

    ReplyDelete
  3. Kebun raya bogor emang tempat menarik untuk dikunjungi Bersama keluarga... sebagai temp at bermain Dan belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Jamal, Kebun Raya Bogor memang tempat belajar dan bermain yang edukatif.

      Delete
  4. Jangan lupa ikuti wisata ku Di sini ya

    http://m.kompasiana.com/masrurjamaluddin/berburu-gerhana-di-halmahera-utara_57181974327b61250587bc20

    ReplyDelete
  5. Senang banget bisa ke Kebun Raya Bogor bersama keluarga, mba. Aku malah belum pernah sama sekali ke sana. Smoga suatu saat bisa ikut ke sana. Keren tulisannya, mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bu Lida, luangkan waktu kalau pas libur, jaraknya gak terlalu jauh dari Jakarta kok. Ajak anak-anak sama tetangga se-RT boleh banget lho :)

      Delete
  6. Fotonya bagus - bagus :) pemandanganya indah.. Abis baca jadi kepengen maen kesana.. hhm mari atur jadwal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemandangan di Kebun Raya Bogor sangat indah, ayo kapan main ke Bogor ditunggu ya :)

      Delete
  7. Serunyaaa.... Dulu sering banget ajak Adit & Dika piknik di Kebun Raya Bogor... Biasanya hari kerja pas musim libur anak-anak, jadi bisa bawa mobil masuk.... Keliling KRB, berhenti di beberapa titik untuk jalan kaki mengamati alam sekitarnya.. Setelah tiba di lapangan rumput sekitar Cafe Dedaunan, tikarpun digelar... makan siangpun dikeluarkan & dinikmati. Selesai makan, biasanya tidur-tiduran sambil membaca buku bawaan masing-masing. Kadang ketiduran. Setelah puas, beberes sambil tak lupa membuang sampah, kamipun pulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Wati, Kebun Raya Bogor memang cocok banget buat piknik sama keluarga. Suasananya asri dan udaranya sejuk.

      Delete
  8. Fotonya bagus - bagus :) pemandanganya indah.. Abis baca jadi kepengen maen kesana.. hhm mari atur jadwal :D

    ReplyDelete
  9. Baca artikel bu Muti menarik, saya tahun 2002 sering bolak balik kunjungi kebun raya bogor utk keperluan penelitian, apakah masih ada terlihat satwa-satwanya?
    Pengenalan spesies tumbuhan di sana juga menarik.
    Semoga tetap lestari sebagai tempat wisata edukasi,
    Sayangnya, tawaran kawan saya selalu ngajak mancing di kolam buatan, bu Muti apakah di KRB ada kolam buat mancing?

    ReplyDelete
  10. Baca artikel bu Muti menarik, saya tahun 2002 sering bolak balik kunjungi kebun raya bogor utk keperluan penelitian, apakah masih ada terlihat satwa-satwanya?
    Pengenalan spesies tumbuhan di sana juga menarik.
    Semoga tetap lestari sebagai tempat wisata edukasi,
    Sayangnya, tawaran kawan saya selalu ngajak mancing di kolam buatan, bu Muti apakah di KRB ada kolam buat mancing?

    ReplyDelete
  11. Waahhh... Saya belum pernah kesana, mbak. Kalo Mbak Muti kesana lagi ajak saya juga ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mau juga dong diajakin ke Kebun Raya Bogor bareng mbak Dea.... :))

      Delete
    2. Ayuk, kita jalan-jalan bareng ke Kebun Raya Bogor. Tempatnya enak banget buat kumpul-kumpul reriungan :)

      Delete
  12. Waahhh... Saya belum pernah kesana, mbak. Kalo Mbak Muti kesana lagi ajak saya juga ya.. :D

    ReplyDelete
  13. keren nih artikelnya, tambahin lagi mbak mut detail biaya yang g perlu mahal klo wisata ke kebun raya bogor.......alternatif liburan bgt buat keluarga....

    ReplyDelete
  14. Serunyaaa.... Dulu sering banget ajak Adit & Dika piknik di Kebun Raya Bogor... Biasanya hari kerja pas musim libur anak-anak, jadi bisa bawa mobil masuk.... Keliling KRB, berhenti di beberapa titik untuk jalan kaki mengamati alam sekitarnya.. Setelah tiba di lapangan rumput sekitar Cafe Dedaunan, tikarpun digelar... makan siangpun dikeluarkan & dinikmati. Selesai makan, biasanya tidur-tiduran sambil membaca buku bawaan masing-masing. Kadang ketiduran. Setelah puas, beberes sambil tak lupa membuang sampah, kamipun pulang.

    ReplyDelete
  15. Mbak mutie...artikelnya bagus. Bisa buat rekomendasi untuk ngajak murid muridku study tour.

    ReplyDelete
  16. Mbak mutie...artikelnya bagus. Bisa buat rekomendasi untuk ngajak murid muridku study tour.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Rini, Kebun Raya Bogor oke banget buat lokasi karyawisata maupun study tour buat anak-anak sekolah.

      Delete
  17. Terimakasih buat komentarnya temen-temen semua. Harga tiket masuknya relatif terjangkau kok, 14 Ribu rupiah saja untuk satu orang & kita bebas berkelana di Kebun Raya Bogor sampai puas :)

    ReplyDelete
  18. Sayangnya saya belum sempat ngajak anak-anak ke kebun raya, padahal mestinya darpada ngajak ke mall mending ke kebun raya, pasti lebih menarik anak-anak juga bisa mengeksplor wawasan mereka mengenai lingkungan.

    ReplyDelete
  19. Sayangnya saya belum sempat ngajak anak-anak ke kebun raya, padahal mestinya darpada ngajak ke mall mending ke kebun raya, pasti lebih menarik anak-anak juga bisa mengeksplor wawasan mereka mengenai lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas, lebih baik sering-sering ajak anak wisata alam ke Kebun Raya Bogor, lebih edukatif tentunya. Kalau keseringan ke mal nanti bisa "tongpes" hehehe

      Delete
  20. Dari cerita dan foto - fotonya sangat menarik serasa saya juga berkunjung ke sana.. sayangnya saya belum pernah ke sana padahal sudah pernah main ke Bogor.. kalo mba muti ke sana ajakin kita - kita ya mbak.. hehe
    Seandainya setiap kota di Indonesia punya kebun seperti kebun raya bogor senangnya ya terutama banjarmasin yg sangat kekurangan Ruang Terbuka Hijau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener ya kita barengan main ke Kebun Raya Bogor kapan-kapan :)

      Delete
  21. Blog ini keren banget....storynya juga komplit bikin pembaca jadi ingin langsung ke Kebun raya. Persis seperti yang mba Muti bilang bahwa mengajak buah hati ke alam terbuka adalah pengalaman tak terbayarkan dan tak lekang oleh waktu.

    Buah hati bisa belajar mengenali Flora langsung dan menyentuh flora secara langsung....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Akbari, wisata ke Kebun Raya Bogor itu ibarat kata "priceless" gak bisa dinilai dengan uang, karena manfaatnya, pengalaman bermain yang dialami sang anak akan melekat dalam memorinya.

      Delete
  22. Wahh..harus nyoba ke sana nih. Walaupun depok deket ke Bogor, tapi belum pernah ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook dong Apit ajak anak istrinya ke Kebun Raya Bogor, dari Depok deket kok tinggal naik kereta aja :)

      Delete
  23. Belum pernah ke sana, tapi jadi kebayang kayaknya asik wisata alam ke Kebun Raya Bogor ya mba. Liat-liat fotonya ijo semua seger bangeeeettt :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya asik banget wisata ke Kebun Raya Bogor, melihat sekeliling hijau semua mata jadi seger deh :)

      Delete
  24. Sangat menyenangkan sekali rasanya meluangkan waktu di kebun raya bogor, lewat artike ini saya bisa merasakan suasana sejuk indah dan asri serta nyaman yang ada disana. Yang lebih penting lagi penyadaran orang tua terhadap anak untuk tetap menjaga lingkungan supaya bersih sangat bagus supaya kebun raya bogor bisa tetap terjaga keindahanya. -AG-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa wisata ke Kebun Raya Bogor ibarat pepatah "sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui", ya jalan-jalan menikmati pemandangan, sambil belajar mengenai tumbuh-tumbuhan, bisa foto-foto cantik, termasuk wisata kuliner juga..hehe

      Delete
  25. Widdih keren banget...aku ngeliatnya pengen langsung kesana...viewnya juga oke2 cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebun Raya Bogor cocok buat wisata bersama keluarga, temen-temen, rekan kerja, kakek nenek, om tante, pokoknya cocok buat semua orang :)

      Delete
  26. Widdih keren banget...aku ngeliatnya pengen langsung kesana...viewnya juga oke2 cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu kedatangannya Rama, jangan lupa ajak sanak saudaranya.

      Delete
  27. Serunya Mbak Muti dan keluarga piknik ke Kebun Raya Bogor, tulisannya mengalir dengan detil sehingga bikin pengen orang yang belum pernah ke kebun Raya Bogor. Nanti kalau anakku sudah agak besar pasti aku bawa juga ke sana. Terima kasih sharing pengalamannya Mbak Muti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Berno, seru sekali berwisata ke Kebun Raya Bogor. Meskipun anak masih kecil (balita) gak ribet kok kalau jalan-jalan kesini.

      Delete
  28. Tinggal di Bogor sejak tahun 2006 tapi saya belum pernah berwisata ke Kebun Raya Bogor :) Tapi kalo anak dan istri saya sudah pernah ke sana saat ada kunjungan bersama sekolah. Pihak Kebun Raya Bogor harus selalu melakukan promosi wisata ke Kebun Raya Bogor, agar masyarakat dapat menambah pengetahuan sekaligus berwisata dalam satu tempat. Selamat berwisata... -DIK-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali mas Dik, tinggal di Bogor sudah bertahun-tahun malah belum pernah mampir ke Kebun Raya. Kalau saya tinggal di Bogor, bisa-bisa setiap minggu atau setiap sore mampir ke sana, pikiran jadi seger lho hehe :)

      Delete
  29. Mba muti,seru ya bawa keluarga Kebun raya Bogor,harus diniatin nih bawa keluarga kesana juga,mudah mudahan minggu ini bisa ke kebun raya bogor,tks infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba seru,sempatkan berkunjung ke Kebun Raya Bogor yuk, apalagi di akhir pekan ini ada puncak peringatan Hari Bumi, ada berbagai lomba lukis buat anak-anak.

      Delete
  30. wahhh keren banget blognya mbak mut..seger bgt liat yang ijo royo-royo kayak gini...tapi emang susah bgt ya ngajak jalan2 keluarga.bukan apa-apa ngatur waktunya ini yang susah kalo ngajak ke luar kota.hikss.Tapi bener bgt mbak saking bersihnya sayang bgt ya kalo kita tanpa sengaja atau sengaja mengotori karpet hijau ini dengan sampah bawaan kita.usul ini pak pengelola kebum raya bogor, adain dong program bagi anak-anak yang kebetulan datang ke sini, belajar menanan tomat or wortel kek, biar mereka ngerti n sadar lingkungan.atau mungkin buat kompos ala2 biar tau ngejaga alam itu sebenarnya mudah kok. itu aaja masukan aku mbak mut..Pokoknya keren deh blog mu mbak...Ita Tarigan

    ReplyDelete
  31. Keren ya ternyata kebun Bogornya. Jadi pengen kesana mau lihat kolam- kolam sama tumbuh-tumbuhannya. Minggu ini langsung meluncur, tapi gak ada teman kesana :( ada yang mau temanin? :D - Ucu Jonathan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren banget pemandangannya, apalagi akhir pekan ini ada peringatan Hari Bumi dan berbagai lomba. Ketemu di sana yaa :)

      Delete
  32. Wah seruuu... Baru aja kemarin ke Kebun Raya Bogor, mau nyoba ke Cafe Dedaunan tapi agak ragu. Gara-gara baca Blog ini malah jadi penasran.
    Kebun Raya Bogor memang jadi pilihan bagus sih buat jalan-jalan santai, jauh dari kepenatan Jakarta. Dari jaman bocah bangeeeet, sering banget diajak ke sini sama Ayah dan Ibu. Mbak Muti, ajak anak2 juga ke museum zoologi, ada di belakang Kebun Raya. Seru juga loh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kapan-kapan pengen ke museum Zoologi lagi sama si kecil.

      Delete
  33. keren sejuk banget,mesti dijadwal berkunjung kesana,kebetulan yang sulung sangat suka wisata alam.trims infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang, kudu dijadwalin pas liburan sekolah tuh :)

      Delete
  34. sebagai seorang backpacker dr makassar pernah maen ke bogor, gw pernah sempatin mampir ke kebun raya bogor. menurutku tempatx asyik dan sangat cocok bagi anda bersama keluarga dan kerabat berlibur ke kawasan wisata Kebun raya bogor ini. banyak hal yang bisa didapatkan tidak hanya sekedar liburan semata, tetapi juga bisa belajar banyak hal lah.... referensi bgt lah buat temen-temen yang lg ke jkt apalagi ada di bogor kudu wajib nih mampir ke kebun raya bogor....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bang, lain waktu ajak saudara-saudara dari Makassar ke Kebun Raya Bogor ya.

      Delete
  35. Wah artikelnya bagus Mbak Muti... Bisa untuk referensi pada saat pergi ke Kebun Raya Bogor. Pemandangannya masih sama seperti dluu. terakhir aku kesana waktu masih SMP. Jadi pengen kesana lagi abis liat blog Mbak Muti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo diatur waktunya, sempatkan ke Kebun Raya Bogor bareng temen-temen juga boleh.

      Delete
  36. Belum pernah ke sana... ^^
    *dkt padahal jakarta-bogor..
    Ada cafe nya juga ternyata..
    Kpn2 ke sini deh...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susan, lokasi Kebun Raya Bogor gampang kok dicari, bisa naik bus/kereta api dari Jakarta.

      Delete
  37. Wah, kalo ke Bogor harus dan wajib banget nih ke sini. Cafe Dedaunan seems legit ya mbak Muti. thankyou mbak infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, banyak pilihan menu di Cafe Dedaunan kok, suka masakan khas Indonesia atau menu internasional? semua ada lho. Tempatnya enak banget buat ngerumpi, reriungan atau arisan. :)

      Delete
  38. Suasanannya menyejukan, perlu dikunjungi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kapan-kapan mampir ke Kebun Raya Bogor yaa

      Delete
  39. dulu banget pernah ke kebun raya bogor waktu masih sma,dan salah satu lokasi objek wisata yang gak boleh dilewatkan. selain masih alami banget juga sekarang ada tempat nongkrongnya di cafe... thanks mbak muti tempat ini always recomended emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener, obyek wisata yang wajib dikunjungi.

      Delete
  40. klo ke bogor-nya sih sering, karena banyak keluarga di sana, tapi ke kebun raya bogor-nya udah lama banget belum kesana lagi dan nggak tau perkembangannya sekarang. baca tulisan ini jadi bisa ngebayangin gimana kondisi disana... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dapet pencerahan mengenai suasana terkini Kebun Raya Bogor dari foto-foto yang ada di blogku yaa. :)

      Delete
  41. wah bagus banget ternyata tempatnya, ijoo banget bisa refresh otak hehe..tp saya belum pernah kesana.. bisa jadi referensi tempat kalo pingin yang ijo-ijo gitu, atau besok ajakin aku boleh lho mbak mutie kalo kesana hihi ^_^ -dhina-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo kapan-kapan kita janjian bareng ya main ke Kebun Raya Bogor :)

      Delete
  42. mba muuut, baguuus. liat foto2nya jadi pengen kesanaa, pas banget besok weekend. lgsg kebayang main + jalan2 disana. dan aku baru tauu kalo ada cafe disitu ahaha cus ah besok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puput, ditunggu kedatangannya di Kebun Raya Bogor yaa

      Delete
  43. Very interesting mbak muti... sekalian refreshing sekalian mengajarkan hal-hal mendasar yang sangat penting untuk kehidupan di masa depan kepada anak. Very inspiring :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kalau tulisanku bisa menginspirasi, kapan-kapan ajak Bapak Ibu dan Suami tercinta ke Kebun Raya yaa :)

      Delete
  44. Asyik banget mbak Mutiii. Jadi pengen juga bawa anakku ke sana hehehe. Selain bisa ngajarin anak-anak soal hewan/tumbuhan, sepertinya bagus juga ya buat spot foto-foto hihihi. Saya kan doyan banget tuh fotografi. Mudah mudahan terus terjaga yaa kebunnya, terawat organisme alaminya.. nanti kalau ada rejeki ke sanaa jugaaa 🙌🙌..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Manda, tempatnya asik banget, apalagi di Kebun Raya Bogor terdapat berbagai spot menarik untuk foto-foto sama anak. :)

      Delete
  45. Good story and nice memory. Ingat wkt kecil main kesana sama kakekku, nenekku dan pamanku yg tinggal di jakarta sekeluarga. Waktu itu aku msh tinggal di kota reog jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kalau ada waktu main ke Kebun Raya Bogor sama anak-anak, seru banget lho. :)

      Delete
  46. Wah.... jadi pengen kesana karna baca tulisan mbak muti...

    ReplyDelete
  47. wahhh baca tulisan ini jadi pingin ke kebun raya bogor. ke bogor sih uda sering tapi mampir ke kebun raya mah belum pernah hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mampir dong ke Kebun Raya Bogor, bagus banget pemandangannya :)

      Delete
  48. waaa.. mantep banget tulisannya mbak mutie..

    tapi yang aku suka isi tulisannya mbak mutie tentang mengajarkan anak-anak "pentingnya menjaga menjaga lingkungan (alam), sebagai sumber kehidupan". sebagai contoh mbak mutie meminta agar anak-anaknya tidak memetik daun atau bunga...

    hahah,, selebihnya ayo kita liburan ke kebu raya bogor, soalnya aku juga belom pernah kesana...KODE KERAS NGAJAK ORANG PONTIANAK LIBURAN KE KEBUN RAYA BOGOR..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas, mengajarkan anak-anak memang perlu dari hal-hal kecil dan sejak dini, supaya tertanam dalam pikiran mereka & dipraktikkan langsung.Gak sekedar belajar dari bangku sekolah saja.

      Delete
  49. Wah infonya sip, fotonya bagus. Cara mengenal alam yang sangat menarik, semoga punya kesempatan kesana sama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada kesempatan berkunjung ke Kebun Raya Bogor bersama keluarganya, memang perlu diagendakan.

      Delete
  50. Wuiiiiw keren mbak! Jadi pengen ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener yaa, pengen atau pengen banget :)

      Delete
  51. Wow keren abis mbak Muti photo dan ulasan mengenai Kebun Raya Bogor hutan kecil nan rimbun di jantung kota hujan yg masih asri hingga kini. Setuju pisan uey..sama penulis kudu dijaga kelestarian dan kebersihannaya, agar tetap menjadi sumber ilmu pengetahuan alami yang terus memberikan banyak manfaat akan keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya.Hingga kini saya akui baru sekali saya ke Kebun Raya Bogor..tepatnya saat saya masih SD atau sudah 30 tahun lalu hehehe namun keindahan dan kesejukannya masih lekat di kepala saya..

    ReplyDelete
  52. Iya mas, Kebun Raya patut dijaga kelestariannya supaya bisa dinikmati sama anak cucu kita di masa mendatang. Kapan-kapan ajak keluarganya berkunjung ya, kan udah lama banget tuh zaman SD hehe :)

    ReplyDelete
  53. Waw.. keren mbak.. baca tulisan ini jadi teringat wisata ke kebun raya bogor 4 tahun lalu.. serasa berada di hutan rimba.. save our forest!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, kelestarian Kebun Raya perlu kita jaga bersama-sama, dan suasana di Kebun Raya selalu bikin kangen untuk kembali

      Delete
  54. Wah ternyata Kebun Raya Bogor tetap menarik dan makin rimbun. Bagus sekali muti mengajak anak-anak ke sini agar sadar untuk melestarikan alam dan lingkungan sekitar dari usia dini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tante, aku memang paling seneng ngajak anak-anak berwisata alam, lokasinya juga cocok untuk jogging. Kapan-kapan ajak ibu-ibu arisan berwisata ke Kebun Raya, seru bisa piknik sambil gelar tikar

      Delete
  55. Wow makin keren ya Kebun Raya Bogor, jadi pingin ke sana lagi. Wah berarti anak-anak senang ya.. Bagus tuh, jadi anak-anak bisa belajar menikmati keindahan alam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo tante kita bareng-bareng ke Kebun Raya, cari udara segar sekalian refreshing :)

      Delete
  56. Pengen ke sana belum kesampaian... Seru kayaknya buat libutan keluarga... 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Erni, Kebun Raya asik kok buat lokasi liburan bersama keluarga, jangan lupa ajak kakak adik pakde bude sama om tante hehe:)

      Delete
  57. Saya juga lebih suka mengajak anak-anak ke tempat wisata alam mbak... sekaligus mengenalkan rasa cinta alam kepada mereka...

    ReplyDelete
  58. Saya juga lebih suka mengajak anak-anak ke tempat wisata alam mbak... sekaligus mengenalkan rasa cinta alam kepada mereka...

    ReplyDelete